Mengurai Fakta soal Diet Kuning Telur

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/07/2019 17:39 WIB
Mengurai Fakta soal Diet Kuning Telur Ilustrasi kuning telur (Foto: Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kuning telur sering kali jadi pantangan orang yang sedang menurunkan berat badan. Kuning telur dianggap memiliki kolesterol tinggi. Banyak orang mulai mencoba diet kuning telur.

Faktanya, telur utuh kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Putih telur merupakan sumber protein yang baik, sedangkan kuning telur mengandung zat besi, vitamin B2, B12, dan D. Semua nutrisi ini penting dan baik dikonsumsi, bahkan saat sedang dalam diet untuk menurunkan berat badan.

Jika yang dikonsumsi hanya putih telur, maka nutrisi penting lain dari kuning telur tak akan didapatkan.


Kandungan kolesterol di dalam kuning telur memang benar adanya. Satu butir telur memiliki kandungan 186 miligram kolesterol, yang semuanya ditemukan di dalam kuning telur. Namun, pengaruhnya tidak buruk.

Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membuat testosteron yang membantu meningkatkan energi dan membangun otot. Penelitian dari University of Connecticut bahkan menemukan, lemak yang ada dalam kuning telur sebenarnya membantu mengurangi kolesterol jahat dari tubuh.

Dikutip dari Times of India, diet kuning telur bukan anggapan yang tepat. Kecuali, jika ahli gizi telah menyarankan secara khusus untuk tidak mengonsumsi kuning telur.

Konsumsi satu hingga dua telur utuh dalam program diet setiap minggunya. Telur utuh juga lebih dianjurkan saat mengikuti diet rendah karbohidrat karena rendah kalori.

Lemak di dalam telur utuh juga memperlambat penyerapan protein sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Telur utuh juga kaya asam amino yang membantu pembentukan tubuh.

Beragam penelitian juga menunjukkan telur utuh baik untuk menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan metabolisme. Dikutip dari situs kesehatan Healthline, telur yang tinggi protein dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari.

Artinya, telur membantu tubuh membakar kalori lebih banyak. Anggapan soal diet kuning telur tak sepenuhnya benar.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)