Kontestan Miss England Tolak Pakai Bikini

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 23/07/2019 08:39 WIB
Kontestan Miss England Tolak Pakai Bikini Ilustrasi (Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kontes kecantikan memberikan kesempatan pada wanita untuk menunjukkan kemampuan sekaligus karakter mereka. Tak terkecuali bagi kontestan Miss England, Aysha Khan.

Penampilan Aysha Khan dalam kontes kecantikan se-Inggris itu mencuri perhatian setelah dia menolak mengenakan bikini untuk sesi Miss Beach Beauty.

Khan jadi kontestan pertama yang tidak mengenakan bikini. Ini bukan hal yang umum dilakukan peserta kontes kecantikan. Sebagai gantinya, ia mengenakan pakaian renang yang menutupi seluruh tubuhnya atau wetsuit.


Bukan tanpa alasan aksi itu dilakoninya. Sebagai seorang Muslim, dia merasa tak nyaman jika banyak bagian tubuhnya yang dipamerkan.

"Berdaya itu tentang perasaan seseorang, dan tidak mengenakan bikini bukan berarti saya tidak percaya diri akan tubuh saya. Dan saya tidak mengenakan wetsuit hanya karena agama saya melarang," jelas Khan, mengutip The Sun.


Ini bukan satu-satunya hal yang membuat Khan tampak unik. Sebelum berkompetisi di Miss England, dia terlebih dahulu merebut gelar Miss Lanchasire. Dia merupakan orang Asia pertama yang memperoleh gelar tersebut.

Apa yang dilakukan Khan memicu banyak respons negatif. Tak sedikit yang melontarkan kata hinaan bernada rasis. Bahkan, beberapa orang menyuruhnya kembali ke negara asalnya.

"Dibandingkan sisi positifnya, sisi negatif sangat sedikit, jadi saya hanya mencoba fokus [pada yang positif] lebih banyak," ungkap Khan.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)