Studi: Agar Nyenyak, Mandi 1,5 Jam Sebelum Tidur

tim, CNN Indonesia | Senin, 22/07/2019 23:20 WIB
Studi: Agar Nyenyak, Mandi 1,5 Jam Sebelum Tidur ilustrasi tidur (Istockphoto/andresr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Buat kalangan pekerja, tidur adalah suatu kemewahan. Bukan hanya karena waktu tidur yang cukup singkat tetapi juga tidur nyenyak yang sulit didapat. Aromaterapi hingga minum susu hangat mungkin sudah dicoba, namun masih gagal.

Namun sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ada cara yang diklaim lebih efektif untuk membuat tidur jauh lebih nyenyak.

Sebuah riset dilakukan peneliti di University of Texas, Austin mengungkapkan bahwa mandi 1-2 jam sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak. Jika ingin hasil optimal, ambil waktu 1,5 jam jelang tidur.


Melansir dari Metro, peneliti menganalisis terhadap 5,322 studi yang berkaitan dengan pemanasan tubuh secara pasif saat Anda tidur.


Hasilnya, penelitian ini menyebutkan bahwa mandi dengan suhu air antara 40-43 derajat Celcius akan membuat Anda tidur 10 menit lebih cepat.

Suhu menjadi kunci agar tubuh tidak menunda tidur. Ini karena suhu tubuh mengikuti siklus sirkadian atau siklus yang menentukan tidur dan terjaga. 

Biasanya suhu tubuh akan menurun drastis sekitar satu jam sebelum tidur. Suhu bisa semakin menurun saat tertidur. Dengan menghangatkan tubuh jelang tidur, Anda menciptakan momen pendinginan saat tubuh siap untuk istirahat. Secara tidak langsung ini memberitahu tubuh dan pikiran bahwa ini saatnya tidur. 

Selain mandi, ada beberapa cara yang bisa diterapkan seperti batasi penggunaan gawai, konsumsi kafein maksimal pukul 16.00, hindari alkohol, pastikan ponsel dalam mode diam dan usahakan berolahraga rutin. (els/chs)


BACA JUGA