Hari Anak Nasional 2019

Orang Tua, Kunci Anak Indonesia yang Gembira Seutuhnya

tim, CNN Indonesia | Selasa, 23/07/2019 15:47 WIB
Orang Tua, Kunci Anak Indonesia yang Gembira Seutuhnya Ilustrasi anak-anak Indonesia bermain ( CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap anak memiliki empat hak yang harus dipenuhi orang tuanya. Di antaranya hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan, serta hak partisipasi. 

Empat hak bertujuan untuk memenuhi kebutuhan anak agar hidup gembira dan bahagia.

Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Rita Pranawati menjelaskan 'anak Indonesia yang gembira' adalah hal yang penting. Dia mengungkapkan, seiring dengan dirayakannya Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2019, kebanyakan orang tua di Indonesia belum memberikan kebahagiaan yang seutuhnya. Menurut dia, gembira berarti anak harus merasa nyaman dan senang.


Rita menyebut kebanyakan anak di Indonesia hanya ditanya oleh orang tuanya perihal masalah 'bahagia fisik.' Misalnya, "Sudah makan atau belum, nilainya berapa, ada pr atau enggak."

Orang tua juga diharapkan berhenti mengedepankan 'kepentingan terbaik' menurut orang tua. 


"Orientasi orang tua untuk hanya faktor akademik yang diperhatikan itu juga menyalahi hak hidup dan tumbuh kembang anak," katanya.

"Itu penting, tapi bukan sesuatu yang harus selalu dikejar. Kebahagiaan itu dia bisa ngobrol dengan ibunya, diskusi yang nyaman."

"Mari kembali ke meja makan. Ayo anak-anak diajak ngobrol, membuat mereka merasa dipercaya, nyaman,"

Terkait hal ini, evaluasi yang penting adalah persepsi orang tua.

Ditambahkan dia, tanggung jawab anak itu ada di orang tua. Bukan di sekolah, Sehingga jika terjadi apa-apa maka orang tua adalah orang yang pertama bertanggung jawab.


"Riset membuktikan bahwa ada 'jarak' antara perasaan orang tua mengawasi anak, memantau tumbuh kembang anak, dan mengasuh anak," katanya setelah melakukan riset terhadap 50 korban anak pornografi online.

Dia menambahkan, di Hari Anak Nasional ini, ada baiknya orang tua merefleksikan kembali pola asuh mereka demi kehidupan anak yang gembira seutuhnya.  (nad/chs)


BACA JUGA