Jamu Temulawak, Rahasia Bugar Jokowi

tim, CNN Indonesia | Selasa, 23/07/2019 17:33 WIB
Jamu Temulawak, Rahasia Bugar Jokowi ilustrasi jamu (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjalani tugas berat setiap hari membuat orang nomor satu Indonesia Joko Widodo atau Jokowi memang butuh stamina yang bugar. Untuk menjaga kebugaran tubuhnya, lewat video yang diunggah di akun instagramnya, Jokowi mengungkap rahasianya.

Pria kelahiran Surakarta, 21 Juni 1961 itu sebelumnya sudah terkenal sebagai salah satu orang gemar mengonsumsi minuman herbal.

Tak heran, dirinya kerap tampil bugar dan sehat. Rahasianya ternyata cukup sederhana. Penampilan primanya itu tak lain karena 'ramuan' jamu herbal yang kerap diminumnya setiap hari sebelum beraktivitas. 


Dalam video berdurasi singkat satu menit tersebut, Jokowi membagikan resep 'ramuan' jamu temulawak yang diminumnya tiap hari. Dia mengaku sudah mengonsumsi jamu tersebut sejak 17 hingga 18 tahun lalu.


"Jamu ini adalah jamu campuran dari temulawak, jahe, kunyit," kata Jokowi dalam video tersebut. 

Resepnya pun ternyata sangat mudah. Bahan-bahan seperti jahe, kunyit, dan temulawak ditumbuk atau diiris-iris. Lalu hasil tumbukan atau rajang-rajang ketiganya diseduh menggunakan air panas. Lalu disaring airnya. Air saringan itulah yang diminumnya setiap hari. 

[Gambas:Instagram]

Ia mengaku 'ramuan' ini bisa memberikan manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh. Meninjau hal ini, temulawak sendiri memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Diantaranya mampu menambah nafsu makan, meningkatkan stamina, sampai mengobati berbagai gangguan pencernaan seperti kembung, diare, atau bahkan dispepsia.

Sementara kunyit memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf, mengurangi tekanan gas dan diare, mengatasi peradangan, meredakan maag, serta mencegah kanker. 


Tak kalah manfaat, jahe juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi masalah pencernaan, membantu proses detoksifikasi, hingga mencegah kanker. 

Selain itu mencampurkan kunyit dan temulawak dipercaya mampu meningkatkan stamina pada tubuh karena adanya kandungan tonikum di dalamnya. Selain itu campuran keduanya juga bisa menghangatkan badan dan membuat sistem pencernaan berfungsi lebih baik.  (nad/chs)