Obat Implan Jadi Harapan Baru bagi ODHA

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 30/07/2019 05:51 WIB
Obat Implan Jadi Harapan Baru bagi ODHA Ilustrasi HIV/AIDS (Foto: REUTERS/Ajay Verma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Harapan baru untuk orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Peneliti menemukan obat implan seukuran batang korek api yang dapat menghambat pertumbuhan virus HIV hingga satu tahun.

Hasil ini ditemukan dalam sebuah uji klinis yang dilakukan para peneliti. Temuan diumumkan dalam konferensi tahunan International AIDS Society ke-10 di Meksiko pada Selasa (23/7) waktu setempat.

Peneliti menggunakan molekul yang disebut MK-8591. Molekul diperkirakan 10 kali lebih kuat untuk menghambat virus HIV dibandingkan dengan obat-obatan yang ada di pasaran saat ini.


"Implan akan melepaskan obat dan mencegah pertumbuhan virus HIV di dalam tubuh," ujar ahli virologi sekaligus peneliti, Mike Robertson, melansir AFP.

Saat ini, ODHA hanya mengonsumsi pil terapi antiretroviral setiap hari untuk menekan jumlah virus HIV di dalam tubuh.

Robertson mengatakan, implan akan dapat memberikan lebih banyak pilihan untuk mereka yang berisiko.

Presiden International AIDS Society, Anton Pozniak mengatakan, implan menawarkan pilihan lain bagi mereka yang yang terinfeksi ataupun yang berisiko terinfeksi.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa kematian akibat HIV/AIDS telah menurun secara global sejak 2010 hingga 2018. Pada 2018, tercatat sekitar 770 ribu kematian terjadi akibat HIV/AIDS.

Kendati secara global mengalami penurunan, namun beberapa daerah seperti Eropa Timur dan Timur Tengah justru mengalami peningkatan.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)