Cara Abimana 'Gundala' Ajarkan Anak Tentang Seks

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/09/2019 10:47 WIB
Cara Abimana 'Gundala' Ajarkan Anak Tentang Seks Konsep keterbukaan menjadi cara Abimana Aryasatya dan Inong terapkan pendidikan seks untuk anak. (Foto: CNN Indonesia/Mundri Winanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendidikan seksualitas penting untuk anak. Setiap orang tua punya caranya masing-masing. Salah satunya, Anda bisa tengok cara aktor Abimana 'Gundala'  Aryasatya bersama sang istri, Nindya Mutya, yang terbiasa mengajak keempat buah hatinya untuk berkomunikasi secara terbuka, termasuk soal seksualitas.

Perempuan yang akrab disapa Inong ini sepakat bahwa alat kelamin harus dilontarkan dengan sebutan ilmiah yang sebenarnya: penis dan vagina.

"Di sekolah, saya sudah cross-check kalau memang pengetahuan dasar [seksualitas dan kesehatan reproduksi] diajarkan. Jadi, di rumah tinggal mengulang," kata Inong saat berkunjung ke kantor CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.


Komunikasi yang demokratis diharapkan membuat anak tak canggung saat berbincang dengan ayah dan ibunya. Komunikasi yang berjarak, kata Inong, hanya akan membuat dirinya dan Abimana tak tahu apa yang dialami anak.

"Kami enggak akan pernah tahu, nih, kalau anak ada hernia," kata Inong. Kebetulan, kedua anak mereka, Bima Bijak (10) dan Arsanadi Arka (7) diketahui mengidap hernia. "Mereka bilang sama ayahnya, 'Ada yang kejepit, nih. Sakit sebelah sini'," kata dia.

Jika saja Bima dan Arsanadi malu, masalah kemudian muncul. Hernia yang diidap bisa jadi kian parah.

Inong menekankan, komunikasi yang baik antara anak dan orang tua mempermudah didapatnya solusi untuk sebuah masalah. Inong tak ingin keempat buah hatinya memendam persoalan dalam waktu lama. Inong tahu bahwa anak memiliki batasan untuk mengelola emosi.

Kendati demikian, bukan berarti Abimana dan Inong merasa paling tahu dan mengenal keempat buah hatinya. "Yang tahu kondisi anak adalah anak itu sendiri," kata dia dalam kesempatan yang sama.

Saat terbangun dialog, orang tua bisa perlahan mengenal anak. Dimulai dari pertanyaan sederhana tentang apa yang dirasakan anak.

Komunikatif, demokratis, dan terbuka adalah cara Abimana dan Inong mendidik anak. Jangankan soal masalah yang menimpa anak, perkara pekerjaan yang akan diambil kedua orang tuanya pun kerap didiskusikan.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)