6 Pesona Tersembunyi di Lembah Baliem

CNN Indonesia | Rabu, 24/07/2019 18:39 WIB
Pesona Lembah Baliem tak hanya sebatas festival yang digelar setahun sekali, tempat ini juga punya banyak objek wisata alam. Ilustrasi air terjun. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lembah Baliem adalah sebuah kawasan yang 'ditemukan' secara tidak sengaja oleh segerombolan orang yang sedang melakukan ekspedisi di tahun 1938.

Kini tempat yang menyimpan banyak pesona itu telah menjadi salah satu 'gerbang' untuk mengenal wajah Papua, lewat ajang Festival Budaya Lembah Baliem.


Tak hanya budaya yang mengagumkan, Lembah Baliem juga memiliki banyak pesona terkait kemolekan alamnya. Berikut adalah beberapa di antaranya:


1. Danau Habema

Danau Habema merupakan satu-satunya danau terbesar yang terletak di Pegunungan Tengah.

Jarak tempuh dari Wamena ke Habema sekitar 41 kilometer dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua.

[Gambas:Instagram]

2. Goa Kontilola

Goa Kontilola terletak di Desa Musaima Distrik Kurulu. Goa ini sangat unik karena di dalamnya ada tiang penyanggah dari batu alam dan memiliki stalaktit yang unik.

Jarak dari Kota Wamena ke Musaima sekitar 25 km, dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi selama 30 menit.

[Gambas:Instagram]


3. Pasir Putih Aikima

Hamparan pasir putih yang menyerupai pantai ini terletak di Desa Aikima Distrik Pisugi.

Jarak dari Kota Wamena ke lokasi wisata pasir putih sekitar 8,3 km, yang bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi selama 10 menit.

4. Telaga Biru Maima

Telaga yang diyakini oleh warga setempat sebagai lokasi asal-usul manusia pertama di Papua ini terletak di Distrik Maima Kabupaten Jayawijaya.

Jarak dari Kota Wamena ke Telaga Biru sekitar 16 km, dan dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi sekitar 15 menit lalu perjalanan, dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit.


5. Air Terjun Napua

Air terjun ini terletak di Distrik Napua yang berjarak kira-kira 10 km dari kota Wamena, dan dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat selama kurang lebih 15 menit dan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke lokasi kurang lebih lima menit.

[Gambas:Instagram]

6. Air Terjun Wollo

Air Terjun Tinggima berada di Distrik Wollo, yang terletak sekitar 35 km dari Wamena.

Hamparan lembah yang indah menjadi daya tarik di tempat ini.

[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)