'Bahaya' di Balik Payudara Besar

CNN Indonesia | Kamis, 25/07/2019 17:34 WIB
'Bahaya' di Balik Payudara Besar ilustrasi payudara (Istockphoto/2HotBrazil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memiliki payudara besar tak jarang dianggap menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian wanita. Berbagai proses implan dan upaya lainnya untuk membuat payudara besar pun dilakukan.

Tak jarang, ada beberapa orang yang malahan terobsesi untuk memiliki payudara yang besarnya di atas rata-rata. Namun, siapa yang tahu jika ada beragam masalah yang mengintai di belakangnya?

Berikut mengutip Healthline dan Odyssey, beberapa masalah yang ditimbulkan akibat payudara berukuran besar.


1. Masalah punggung belakang
Payudara yang besar menimbulkan postur tubuh yang buruk. Badan akan cenderung membungkuk karena beban payudara yang dimiliki.

Kejadian ini dialami seorang ibu yang mengalami pembesaran payudara setelah melahirkan. Selain badan yang membungkuk, rasa sakit juga muncul pada bagian bahu dan leher. Otot punggung yang tegang juga kerap dirasakan.

2. Sulit menyusui
Ukuran payudara yang besar menjadi tantangan tersendiri bagi banyak ibu menyusui. Untuk membuat si buah hati menyusu dengan baik, ibu harus mengangkat salah satu payudaranya ke atas.

3. Sakit saat olahraga
Olahraga dengan payudara besar bisa sangat menyakitkan. Hal ini terjadi karena banyaknya beban yang ditopang. Sport bra sekali pun sulit mengatasinya.

Rasa sakit ini muncul misalnya saat seseorang melakukan olahraga naik tangga. Payudara akan terasa sakit karena guncangan yang diakibatkan.

4. Susah tidur nyenyak
Secara alami, tubuh akan berubah posisi saat tidur. Salah satunya adalah posisi tengkurap.

Namun, posisi tengkurap akan menyulitkan bagi mereka dengan payudara besar. Seorang perempuan bercerita bahwa dirinya kerap terbangun karena posisi tidur yang tidak nyaman. Rasa tak nyaman diakibatkan oleh tekanan yang diberikan payudara.

5. Sakit saat melepaskan bra
Payudara berukuran besar yang 'terkurung' akan terasa menyakitkan, terutama pada fase menstruasi.

Penggunaan bra sebenarnya bisa dilepaskan. Hanya saja, melepaskan bra jadi masalah bagi mereka dengan payudara berukuran besar. Melepaskan bra akan terasa sakit dan berdenyut.

[Gambas:Video CNN] (nad/asr)