3 Cara Mengganti Pot Tanaman Anggrek

nad, CNN Indonesia | Senin, 16/12/2019 06:18 WIB
3 Cara Mengganti Pot Tanaman Anggrek Ilustrasi tanaman anggrek kuning (Foto: kaboompics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggrek umumnya tumbuh lebih besar dari potnya. Penggantian pot saat anggrek mulai tumbuh besar perlu dilakukan agar tanaman ini bisa terus hidup.

Perhatikan saat akar anggrek mulai keluar dari pot atau terjadi masalah pada sirkulasi air. Kondisi ini menjadi tanda bahwa sudah saatnya bagi Anda untuk mengganti pot.

Jangan khawatir dengan akar yang bertambah banyak, itu pertanda bahwa Anda telah merawatnya dengan benar. Namun, karena anggrek adalah tanaman rapuh, penting untuk mengambil langkah tepat demi memastikan tanaman tetap dalam kondisi sehat.


Mengutip situs Better Homes and Gardens, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk merawat tanaman anggrek.

Campuran di dalam pot anggrek
Sebagian besar tanaman akan memiliki akar yang bercampur dengan tanam. Tapi, tidak dengan anggrek. Kebanyakan anggrek tumbuh dengan bertengger di batang atau ranting pohon.

Gunakan campuran kulit pohon cemara sebagai media tanam anggrek. Untuk hasil terbaik, campur gambut dengan kulit kayu cemara.

Dengan cara itu, sistem drainase akan terjaga. Kantung udara juga akan berlimpah sebagaimana yang dibutuhkan akar anggrek.

Pot anggrek
Pot khusus untuk anggrek banyak dijual di pasaran. Anggrek membutuhkan pot dengan banyak lubang untuk memberikan lebih banyak udara pada akar.

Namun, sesungguhnya pot khusus itu tak begitu diperlukan. Pot biasa juga mampu menumbuhkan anggrek yang cantik.

Pilih pot berukuran 1-2 inci lebih besar dari pot yang biasa digunakan. Tunggu anggrek mekar untuk mencangkoknya. Cangkok saat akar baru muncul dan belum tumbuh lebih dari 0,5 inci.

Cara memindahkan anggrek
Memindahkan anggrek ke dalam pot anyar perlu memperhatikan beberapa hal. Cara mengganti pot memengaruhi kondisi tanaman.

Waktu terbaik untuk memindahkan tanaman adalah sesaat setelah anggrek disiram. Tarik keluar anggrek secara lembut dari potnya. Longgarkan akar dengan hati-hati, lalu lepaskan.

Potong akar yang mati. Simpan anggrek ke dalam pot anyar dan tambahkan campuran media tanam di atas. Distribusikan tanah secara merata di sekitar anggrek.

[Gambas:Video CNN] (asr)


BACA JUGA