8 Bunga yang Bisa Dikonsumsi dan Bermanfaat untuk Tubuh

CNN Indonesia | Rabu, 07/08/2019 07:31 WIB
8 Bunga yang Bisa Dikonsumsi dan Bermanfaat untuk Tubuh Ilustrasi. Selain bijinya yang dapat dikonsumsi secara utuh sebagai kuaci, kelopak dan daun bunga matahari juga bisa disajikan dalam bentuk teh. (Foto: REUTERS/Jean-Paul Pelissier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tanaman dan bunga biasanya hanya tertanam di pekarangan rumah. Kesan segar dan cantik dari keduanya kerap menjadi pilihan bagi mereka yang ingin pekarangannya terlihat lebih hidup.

Peran tanaman selama ini hanya digunakan sebagai hiasan dan pemberi udara sejuk. Tanaman dinilai ampuh mengurangi stres, mencegah masuk angin, dan membuang racun yang terdapat di udara sekitar rumah.

Namun, tanaman dan bunga juga bisa dikonsumsi. Beberapa dari tanaman diketahui memicu reaksi alergi saat dikonsumsi. Namun, beberapa yang lain diklaim baik untuk dikonsumsi.


Berikut melansir Daily Meal, sejumlah bunga yang aman untuk dikonsumsi dan memiliki sejumlah khasiat untuk tubuh.

1. Calendula
Tanaman emas ini menjadi bagian dari keluarga ester. Bunga ini dapat digunakan sebagai teh atau minyak. Bunga juga bisa disantap langsung. Kelopak bunga bisa dihadirkan dalam sajian salad atau disajikan dengan cara dipanggang.

Calendula bermanfaat untuk mengobati kram menstruasi, sakit tenggorokan, kanker, bisul, campak, cacar, dan penyakit kuning.

2. Echinacea (Coneflower)
Echinacea umum dijadikan teh atau ekstrak dalam bentuk bubuk. Caranya mudah, keringkan bunga untuk kemudian disajikan sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Bunga ini juga bisa menjadi ramuan obat tahan udara panas. Selain itu, bunga juga bisa digunakan untuk melawan gangguan pencernaan, infeksi kandung kemih ringan, dan flu.

3. Dandelion
Bunga cantik berwarna kuning cerah ini juga bisa dikonsumsi. Saat layu, umumnya bunga akan terbang bersama angin.

Biji-biji putih halus yang ada pada bunga merupakan sumber vitamin A, C, dan K yang sangat baik untuk tubuh. Di dalamnya juga tersimpan sedikit vitamin E dan B.

Kandungan lainnya adalah zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium. Bunga ini juga diketahui memiliki tingkat antioksidan yang tinggi serta antiinflamasi.

Dandelion dapat digunakan sebagai bahan dalam salad, sup, dan teh.

4. Kembang sepatu (Hibiscus)
Bunga berwarna merah muda cerah ini tumbuh di daerah tropis, seperti salah satunya Indonesia.

Popularitasnya di dunia kuliner meningkat drastis selama beberapa tahun terakhir lantaran rasanya yang nikmat dan tingkat vitamin C-nya yang tinggi.

Bunga ini umumnya ditemukan dalam teh dan koktail. Gunakan juga bunga ini sebagai alternatif pencuci mulut.

Beberapa penelitian menunjukkan kembang sepatu dapat membantu mengobati penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

5. Lavender
Biasa digunakan sebagai wewangian, lavender juga punya manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi. Bunga ini dapat diracik menjadi minyak esensial yang diyakini dapat membantu mengatasi kecemasan, infeksi jamur, dan kerontokan rambut.

Meski minyak esensial lavender tak bisa dikonsumsi, tapi Anda bisa mendapatkan manfaat lavender dengan cara lain. Gunakan lavender sebagai pelengkap bumbu, teh, koktail, pasta, saus salad, dan makanan penutup.

6. Mawar
Bunga mawar umumnya digunakan sebagai hiasan atau hadiah untuk orang tercinta. Namun, siapa yang sangka jika mawar juga bisa dikonsumsi?

Bunga mawar mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh. Gunakan bunga mawar untuk membuat selai, sup, dan teh. Air mawar juga bisa digunakan sebagai pelengkap rasa dalam sajian makanan dan minuman.

7. Bunga matahari
Bunga matahari sangat populer. Bijinya bisa dimakan secara utuh dan kerap disebut kuaci.

Namun, selain dimakan utuh, biji bunga matahari juga bisa digiling hingga bubuk untuk pembuatan roti.

Kuncup bunga mudanya dapat dikukus dan dimakan. Sementara kelopak, daun, dan akarnya dapat disajikan sebagai teh.

8. Nasturtium
Semua bagian bunga nasturtium diketahui dapat dikonsumsi. Bunganya bahkan kerap dijadikan salah satu isian dalam sajian salad.

Nasturtium mengandung 130 miligram vitamin C per 100 gram dan 45 miligram lutein. Nutrisi dalam nasturtium diketahui mampu mengantisipasi gangguan mata, kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

[Gambas:Video CNN] (nad/asr)


ARTIKEL TERKAIT