Rekomendasi Kuliner

Ketika Sushi dan Salad 'Terinfeksi' Demam Boba

tim, CNN Indonesia | Jumat, 26/07/2019 18:55 WIB
Ketika Sushi dan Salad 'Terinfeksi' Demam Boba Boba Sticky Rice (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- 'Booming' minuman boba alias pearl milk tea seolah ingin menyaingi ketenaran es kopi susu. Minuman yang berasal dari Taiwan ini menawarkan minum dengan sensasi bola-bola kenyal nan gurih alias boba. 

Namun, demam boba rupanya tak hanya menjangkiti minuman tetapi juga makanan seperti sushi. Bagaimana rasanya jika makanan dengan boba yang terbuat dari tepung tapioka kenyal ini menyatu dalam makanan?

Mungkin rasanya pas-pas saja kalau dipadankan dengan aneka makanan manis. Tapi mungkin lain cerita jika dimasak dan dicampur dengan makanan asin dan gurih.


Jika penasaran dengan rasa boba yang dicampur dengan makanan asin, termasuk sushi, restoran Baiza Sushi di Kemang mungkin bisa jadi pilihan.


Restoran ini awalnya menjajakan menu-menu biasanya, namun seiring munculnya tren boba, mereka pun berkreasi dan menciptakan padu padan boba ini.

Baiza Sushi baru-baru ini merilis varian menu baru yang dipadukan dengan boba yakni Spicy Salmon Roasted Boba, Salmon Salad Boba dan Mango Sticky Sushi. 

Sushi bobaFoto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari
Sushi boba


Sesuai dengan namanya, Spicy Salmon Roasted Boba memadukan salmon dan boba dalam bentuk sushi roll. Sushi roll berisi salmon panggang dengan sensasi 'kriuk' plus balutan nori di dalamnya. Boba disematkan sebagai topping bersama dengan saus mayones. Jangan bayangkan kalau boba ini bakal ada di dalam gulungan sushi.

Anda bisa menikmati sushi layaknya sushi pada umumnya yakni dengan mencelupkannya dalam kecap asin dan wasabi. Santap bersama boba dan muncul sensasi kenyal campur gurih sushi. Boba tampaknya diracik dengan rasa tak terlalu manis sehingga tidak begitu menonjol saat beradu di mulut. Sekitar 8 gulungan sushi rasanya sudah bisa menggantikan seporsi makan siang. 

Akan tetapi, tak ada salahnya menyicip Salmon Salad Boba. Salad satu ini agak berbeda dengan konsep salad pada umumnya. Sepiring salad salmon ini hanya berisi irisan tipis daging salmon. Bukan dedaunan salad pada umumnya. Namun ketika menerima seporsi salad salmon, Anda bakal dikejutkan dengan banyaknya saus thousand island yang membanjiri piring.

Kalau sudah begini, rasanya kurang tepat kalau untuk Anda yang sedang diet.


Menu terdiri dari irisan panjang daging salmon plus topping boba dan dressing dari campuran mayones yang gurih. Nikmati satu demi satu potongan salmon dan Anda akan menemukan potongan timun Jepang yang segar sebagai akhir santapan. Bobanya? kenyal.

Sebagai penutup, coba menu Mango Sticky Sushi. Sekilas, menu ini tampak seperti gulungan nasi plus potongan salmon di atasnya, alias salmon sushi.

Namun ini sebenarnya adalah mangga dan ketan ala Thailand. 

Dua potong 'sushi' diberi lapisan tipis mangga manis, kemudian disiram santan kental plus topping boba. Anda akan menemukan kejutan saat menggigit 'sushi' yakni ada potongan stroberi di dalamnya. Jadi bisa dibayangkan ada rasa manis mangga, gurih ketan dan asam stroberi. Seandainya santan dibuat lebih gurih maka akan lengkap sudah rasa yang dicecap lidah. 

Salmon salad bobaFoto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari
Salmon salad boba

Tak perlu berekspektasi terlalu tinggi akan santapan ini. Bobanya sendiri sebenarnya tak begitu memberi rasa makanan. Sebaliknya, bola-bola hitam ini hanya sekadar menjadi penambah tekstur saat bersantap.

Boba hanya memberikan sensasi kenyal berkesinambungan ketika digigit. Tentunya sensasi makan akan jadi berbeda ketimbang hanya makan irisan salmon yang lembut dan lumer di mulut.

Semua menu ini bisa diperoleh dengan harga cukup terjangkau. Untuk Spicy Salmon Roasted Boba dibanderol dengan harga Rp48ribu, Salmon Salad Boba Rp62ribu dan Mango Sticky Sushi Rp23ribu. Total sekali duduk plus minum tak sampai Rp150 ribu.


(els/chs)