4 Dasar Skincare Agar Wajah Ternutrisi dengan Tepat

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 30/07/2019 12:02 WIB
4 Dasar Skincare Agar Wajah Ternutrisi dengan Tepat Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/EdwardDerule)
Jakarta, CNN Indonesia -- Skincare telah jadi rutinitas wajib untuk merawat kulit pada pagi dan malam hari. Beragam jenis dan kegunaan skincare ditawarkan untuk menutrisi kulit.

Teranyar, konsep layering skincare atau perawatan kulit berlapis-lapis ala perempuan Korea Selatan tengah naik daun. Konsep ini hadir dengan mengaplikasikan beragam jenis skincare pada wajah.

Namun, sebenarnya Anda tak perlu repot mengaplikasikan banyak skincare jika memang tak dibutuhkan oleh kulit. Beauty blogger Amalia Deszel menjelaskan, pada dasarnya, kulit hanya memerlukan empat skincare dasar.


"Sebenarnya semua skincare disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Tapi, yang basic itu ada empat," kata Amalia kepada CNNIndonesia.com di Jakarta X Beauty, Jakarta, akhir Juli.

Berikut empat skincare dasar yang penting untuk kulit wajah.

1. Double cleanser
Membersihkan wajah pada pagi dan malah hari adalah salah satu dasar yang penting. Lakukan double cleanser untuk wajah, saat memakai makeup ataupun tidak memakai makeup sama sekali.

Amalia mengatakan, pembersihan pertama dilakukan untuk mengangkat kotoran pada wajah. Partikel-partikel kecil pada wajah ini hanya bisa dibersihkan dengan pembersih berbasis minyak. Sebagai alternatif lain, Anda juga bisa menggunakan balm cleansing.

Pembersihan kedua dilakukan dengan menggunakan pembersih berbasis air seperti pencuci muka atau yang berbahan dasar susu.

2. Toner
Setelah membersihkan wajah, skincare yang diperlukan adalah toner. Menurut Amalia, setiap orang membutuhkan toner, apa pun tipe kulit wajahnya.


"Banyak yang beranggapan enggak perlu toner. Tapi semua orang butuh toner untuk menutrisi kulit," tutur Amalia.

Saat membersihkan wajah, kulit akan cenderung lebih kering. Toner berfungsi untuk mengembalikan pH kulit agar kembali normal. Selain itu, toner juga akan mengisi kembali kelembapan kulit.

3. Pelembap
Usai toner, kulit wajah membutuhkan hidrasi yang didapat dari pelembap. Pelembap bermanfaat untuk menjaga struktur kulit. Pelembap juga akan membuat kulit segar dan ternutrisi dengan baik.

4. Sunscreen
Sunscreen atau tabir surya merupakan skincare yang mesti dipakai di siang hari. Sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Paparan sinar UV merupakan faktor utama penuaan dini.

"Penuaan dini itu dari UV, makanya harus dilindungi dengan sunscreen. Ini empat skincare dasar," kata Amalia.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)