Cara Anjing Mendeteksi si Pembohong

nad, CNN Indonesia | Rabu, 31/07/2019 10:22 WIB
Cara Anjing Mendeteksi si Pembohong Ilustrasi (Foto: REUTERS/Cornell University)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam film, seekor anjing kerap beraksi melawan tokoh-tokoh jahat. Tak jarang pula anjing yang digambarkan sigap melindungi majikannya.

Hal itu terbukti di dunia nyata. Sebuah penelitian menemukan, seekor anjing disebut punya kemampuan untuk menilai orang.

Penelitian ini dilakukan oleh Akiko Takaoka dari Kyoto University, Jepang. Penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah seekor anjing akan mempercayai orang yang berbohong padanya atau tidak. Penelitian dibagi ke dalam tiga bagian eksperimen.


Melansir Brightside, dalam percobaannya, si pemilik akan menunjuk ke sebuah wadah berisi makanan. Saat si anjing berlari mendekat, pemilik akan mengarahkan anjing untuk berlari ke wadah tanpa makanan. Anjing pun tertipu.

Pada percobaan berikutnya, anjing-anjing itu tak lagi mengikuti arahan si majikan. Pasalnya, anjing tak lagi mempercayai pembohong, yang merujuk pada majikan yang telah menipunya.

Studi yang dipublikasikan dalam Animal Cognition Journal ini menyebut sebanyak 34 anjing menunjukkan respons yang sama. Anjing dinilai akan menggunakan pengalaman mereka sebelumnya untuk mengetahui bahwa seseorang jahat atau tak bisa diandalkan.

Penelitian lain sebelumnya juga menyebut bahwa anjing mampu mengontrol bagaimana interaksi orang lain dengan majikannya. Anjing tak akan tinggal diam menerima perilaku buruk orang terhadap majikannya.

[Gambas:Video CNN] (asr)