Cara Tepat Menggunakan Masker Wajah

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 02/08/2019 10:38 WIB
Cara Tepat Menggunakan Masker Wajah Ilustrasi (Foto: Istockphoto/simarik)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masker wajah merupakan salah satu produk perawatan kulit yang dapat dipakai rutin. Namun, tak semua orang mengaplikasikan masker dengan tepat sebagai skincare. Pemakaian yang salah dapat membuat manfaat masker tak terserap maksimal.

Skincare expert, Amalia Deszell membagikan tips memakai masker yang tepat sebagai skincare. Masker, kata dia, bukan merupakan skincare harian, melainkan perawatan mingguan yang dipakai jika diperlukan.

"Masker itu bukan perawatan harian, tapi perawatan mingguan yang dipakai kalau ada yang dibutuhkan dalam rangkaian skincare," kata perempuan yang akrab disapa Deszell itu kepada CNNIndonesia.com di Jakarta X Beauty beberapa waktu lalu.


Masker dapat dipakai 1-3 kali seminggu sesuai dengan kondisi kulit wajah. Jika membutuhkan nutrisi lebih banyak, masker bisa dipakai hingga tiga kali seminggu.

Masker yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit saat itu. Misalnya, masker untuk mengangkat kulit mati, masker untuk mencerahkan kulit wajah, masker untuk iritasi, dan masker untuk melembapkan.

Jenis masker juga mesti disesuaikan dengan tipe kulit wajah seperti masker yang dioleskan lalu dicuci atau wash-off, masker peel-off, masker jelly, masker exfoliating, dan sheet mask.

Sebelum mengaplikasikan masker, Deszell mengatakan, kulit wajah harus dibersihkan terlebih dahulu. Gunakan metode pembersihan berulang atau double cleansing agar wajah benar-benar bersih.

"Ini berguna agar masker tidak sia-sia. Karena kalau kotor, tidak bisa menutrisi kulit," ucap Deszell yang terkenal sebagai beauty blogger ini.

Setelah itu, aplikasikan masker sesuai dengan petunjuk penggunaan. Jangan memakai terlalu cepat atau terlalu lama karena akan memberikan efek yang berbeda.

Lalu, angkat dan bersihkan masker dari kulit. Setelah itu, rutinitas skincare dapat dilanjutkan dengan memakai toner, serum, dan pelembap.

Khusus untuk sleeping mask, Deszell menyebut, masker ini dapat menggantikan pelembap. Masker ini dipakai setelah mengaplikasikan semua skincare ke kulit, lalu dibawa tidur, dan dibersihkan keesokan harinya.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)