Hari Persahabatan Internasional, Berteman Cegah Kekerasan

tim, CNN Indonesia | Selasa, 30/07/2019 16:45 WIB
Hari Persahabatan Internasional, Berteman Cegah Kekerasan Ilustrasi persahabatan (eleus500/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selamat Hari Persahabatan Internasional!

Di Hari Persahabatan Internasional ini, jalinlah persahabatan dengan banyak orang. Persahabatan berarti menjalin hubungan yang damai, saling mendukung, saling membantu dan saling percaya. 

Akan ada banyak manfaat yang didapat dengan menjalin persahabatan, termasuk memudahkan kehidupan. Berbeda dengan permusuhan yang justru dapat menimbulkan banyak masalah, termasuk kekerasan.


Hari Persahabatan Internasional merupakan inisiatif dari UNESCO, PBB yang diperingati setiap tanggal 30 Juli, atau jatuh pada hari ini.


PBB menetapkan Hari Persahabatan Internasional untuk menciptakan budaya damai sehingga dapat mencegah kekerasan dan konflik. PBB menyakini persahabatan yang dijalin oleh setiap orang dapat membentuk budaya damai antar komunitas, budaya, dan negara.

Hari Persahabatan Internasional ini juga mendorong setiap orang untuk lebih hormat dan menghargai perbedaan serta keanekaragaman. Persahabatan dipercaya dapat menjadi salah satu solusi dari banyak masalah yang ada dalam kehidupan dan dunia.

"Untuk menghadapi krisis dan tantangan itu, akar masalahnya harus diatasi dengan mempromosikan dan mempertahankan semangat solidaritas manusia bersama, yang paling sederhana adalah persahabatan," tulis PBB di laman resminya.


Hari Persahabatan Internasional dapat dirayakan dengan mengungkapkan sayang kepada sahabat. Anda juga bisa kembali menjalin persahabatan dengan kawan lama atau bahkan musuh. Kehadiran sahabat dapat bermanfaat untuk kesehatan diri termasuk emosional. 

Di Hari Persahabatan Internasional ini, perbanyaklah sahabat, jalin hubungan damai, dan jauhi kekerasan.

(ptj/chs)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA