Tips Berburu Foto di Destinasi Wisata

CNN Indonesia | Kamis, 01/08/2019 15:44 WIB
Tips Berburu Foto di Destinasi Wisata Suasana Terminal Bus Blok M, Jakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada banyak cara mendokumentasikan perjalanan wisata, namun tak mudah mendapatkan foto atau video terbaik.

Bagi yang ingin melatih naluri fotografi wisata, berikut sejumlah persiapan yang bisa dilakukan:


1. Cari informasi di internet


Google atau Instagram menjadi tempat terbaik untuk mencari inspirasi. Bukan berarti mencontek karya orang lain, namun mencari perspektif baru dalam ruang yang sama.

Tak hanya tempat wisata, kadang ada banyak objek foto yang tak dipikirkan orang banyak, seperti keramaian stasiun bus atau kereta sampai upacara adat setempat.

Sebaiknya mulai mencari inspirasi sebelum datang, sehingga tak menghabiskan banyak waktu untuk mencari tempat setelah datang ke sana.

2. Tanya warga lokal atau pegawai hotel

Warga lokal atau pegawai hotel pasti dengan senang hati membantu turis untuk mencari objek foto atau video paling menarik.

Karena sudah lama bermukim di sana, mereka pasti punya banyak saran mengenai cara menjangkau objek foto tersebut.

Kalau ingin mendokumentasikan acara adat misalnya, warga lokal seperti mereka pasti lebih mudah mendapat izin daripada pendatang.

Jika mereka berniat mengantar jangan lupa sisihkan tip sebagai tanda terima kasih.


3. Temui fotografer lokal

Saat ini ada banyak layanan fotografer lokal di destinasi wisata. Kalau Anda termasuk tipe turis yang gemar selfie, tak ada salahnya menyewa jasa mereka agar foto yang didapat lebih hakiki.

Diskusikanlah terlebih dahulu mengenai rute foto yang akan dituju. Jika ada biaya di luar jasa foto ketahui juga, sehingga Anda tak merasa ditipu.

4. Berkelana di sekitar hotel

Terkadang objek foto terbaik tiba-tiba ditemukan saat tidak sedang mencarinya. Jika punya waktu sehari sebelum pulang, tak ada salahnya menjelajah kawasan di sekitar hotel untuk mencari foto-foto unik bergaya street-photography.

Kalau bisa gunakan kamera kecil sehingga tak mencolok perhatian saat sedang memotret dari tepi jalanan.


5. Perhatikan komposisi foto

Selembar kartu pos bergambar kemeriahan kota yang dipotret dari pinggir pantai atau gelas berisi jus buah berwarna-warni yang dipotret dari balkon kamar juga terlihat menarik untuk diabadikan.

Semuanya tergantung kreatifitas mencari komposisi gambar, karena fotografi tak melulu berisi pemandangan harafiah.

Perbanyak melihat foto-foto di akun Instagram destinasi setempat sehingga inspirasi bertambah.

[Gambas:Video CNN]

(kia/ard)