Tips Dongkrak Produksi ASI secara Alami

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 24/11/2019 09:08 WIB
Tips Dongkrak Produksi ASI secara Alami Bagi sebagian ibu, menyusui bukanlah hal mudah. Salah satunya, ada kekhawatiran ASI tak cukup buat si buah hati karena produksinya tak banyak. (Foto: Istockphoto/ipolonina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi sebagian ibu, menyusui bukanlah hal mudah. Salah satunya, ada kekhawatiran ASI tak cukup buat si buah hati karena produksinya tak banyak. Beragam faktor pun menjadi alasan mengapa produksi ASI ibu menyusui tak banyak, misalnya karena masalah psikologis, kesehatan, dan ada juga yang karena kurangnya asupan makanan yang sesuai.

Demi menghapus kekhawatiran itu, ada baiknya mencoba tips berikut untuk mendongkrak produksi ASI secara alami.




1. Cukupi asupan cairan

Tips Dongkrak Produksi ASI secara AlamiPastikan untuk selalu mencukupi asupan cairan dengan banyak minum dan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung tinggi air. (Foto: Diolah dari Thinkstock)

Ibu menyusui sangat disarankan untuk memenuhi asupan makanan dengan gizi lengkap. Tak hanya itu, perhatikan pula asupan cairan untuk menghindari dehidrasi dan produksi ASI yang sedikit. Jika menemui kesulitan untuk memenuhi kebutuhan cairan, ibu bisa menambah potongan buah ke dalam air putih sehingga kegiatan minum tak lagi membosankan.

2. Menyusui lebih sering
Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan produksi ASI ialah dengan terus menyusui si kecil. Bayi Anda akan mengisap puting lebih sering dan mengosongkan payudara.

Kondisi payudara kosong akan memberikan sinyal ke tubuh untuk meningkatkan produksi ASI. Saat payudara penuh maka produksi ASI rendah. Beri jeda waktu untuk sesi menyusui berikutnya agar payudara terisi sempurna. Semakin sering menyusui maka produksi ASI semakin banyak.

3. Oatmeal

Tips Dongkrak Produksi ASI secara AlamiSelain praktis dan lezat, penganan tinggi serat ini mampu mem-boost produksi asi. (Foto: Pixabay/iha31)

Oatmeal termasuk makanan yang mudah disajikan. Makanan ini diakui bisa mengurangi risiko diabetes pascakehamilan. Oatmeal mengandung galactagogue atau senyawa yang mampu memicu produksi ASI sehingga bisa membantu ibu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, kandungan seratnya baik untuk pencernaan.

Selain oatmeal, Anda bisa mengonsumsi gandum dan flaxseed. Di pasaran kini juga banyak dijual aneka kukis atau camilan dari gandum, oatmeal, dan flaxseed.



4. Almond

Tips Dongkrak Produksi ASI secara AlamiAda beragam cara menyajikan kacang almond yakni dimakan mentah, dipanggang, ataupun diolah menjadi minyak, tepung, hingga susu. (Foto: Pezibear/Pixabay)

Ibu bisa mengandalkan almond untuk mendorong produksi ASI. Kandungan omega-3-nya membantu meningkatkan kinerja hormon sehingga menghasilkan lebih banyak susu.

Almond bisa dikonsumsi sebagai camilan, diolah menjadi susu almond, atau ditambahkan sebagai topping smoothie bowl. Selain untuk keperluan menyusui, kandungan vitamin E pada almond bisa mengurangi rasa gatal pada stretch marks usai bersalin.

5. Daun katuk
Bisa dipastikan para ibu menyusui di Indonesia menambahkan daun katuk dalam asupan makanan mereka. Daun katuk diyakini bisa mendorong produksi ASI. Hal ini pun terbukti secara ilmiah lewat tinjauan yang terbit di Asian Journal of Chemistry. Dalam tinjauan disebutkan bahwa tumbuhan bernama Latin Sauropus androgynus (L.) Merr itu memiliki kandungan galactagogue. Tak heran jika konsumsi daun katuk bisa memperlancar ASI.

Selain itu, daun katuk juga mengandung aneka nutrisi penting lain seperti, karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, dan zat besi.



6. Beras merah
Mengutip Mom Junction, paper berjudul Increase Breast Milk Supply with Herbal Galactagogues menyebut beras merah bisa meningkatkan produksi ASI. Tulisan yang terbit di World Journal of Pharmaceutical and Life Sciences itu mengungkapkan beras merah mengandung stimulan untuk hormon yang memicu susu. Beras merah pun bisa meningkatkan nafsu makan sehingga ibu terdorong untuk menambah asupan makanan. (els/fef)


BACA JUGA