5 Tips Jitu #AntiNgaret agar Kamu Tetap Produktif

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 02/08/2019 18:31 WIB
5 Tips Jitu #AntiNgaret agar Kamu Tetap Produktif Untuk para pejuang #AntiNgaret, kamu gak perlu khawatir lagi karena GrabBike hadir untuk membantu kamu mengejar berbagai hal yang berarti. (Dok. Grab)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ngaret lagi, ngaret lagi. Inikah yang kamu alami setiap hari ketika datang ke kantor, sekolah, atau acara lainnya?

Kebiasaan ini kerap disebut-sebut menjadi ciri khas orang Indonesia. Salah satu faktor yang bikin kamu ngaret adalah telat bangun pagi atau kesiangan. Ada juga orang-orang yang sudah bangun tidur sepagi mungkin, tapi masih tetap saja datang terlambat. Entah karena kena macet di jalan atau mengalami hal lain yang tak terduga.


Nah, kali ini ada beberapa tips jitu bagi kamu yang sering ngaret supaya tidak banyak waktu yang terbuang sia-sia. Berikut lima tips jitu #antingaret agar tetap produktif ini.


1. Buat daftar kegiatan yang akan dilakukan esok hari
Dengan memiliki daftar kegiatan yang terkonsep jelas dan tertata, semua rencana akan terlaksana lebih mudah. Buatlah daftar kegiatan yang ingin kamu lakukan esok hari. Sehingga pada hari sebelumnya, kamu telah mempersiapkan semuanya dengan matang dan siap untuk menghadapi hari-hari selanjutnya.

2. Bangun lebih pagi
Biasakan diri untuk bangun pagi. Jika tubuh mulai beradaptasi terbiasa bangun pagi, kamu akan memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu sebelum berangkat ke kantor.

Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Joer Huber dari Roehampton University, London, ketika seseorang bangun lebih pagi maka kadar stres akan menurun dan membuat perasaan seseorang lebih bahagia sepanjang hari.

Selain itu, bangun pagi juga menghindari keadaan yang tidak terduga. Misalnya, jalanan macet, kendaraan mogok, dan lain sebagainya.

3. Tidur cukup
Tidur adalah hal yang sangat penting agar tubuh bisa kembali siap beraktivitas dan produktif. Namun, terlalu banyak tidur justru mengakibatkan datang terlambat ke tempat kerja.

Menurut penulis buku Sleep Smarter: 21 Essential Strategies to Sleep Your Way to a Better Body, Better Health, and Bigger Success, Shawn Stevenson, tidur yang berkualitas memperkuat kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi otak.

Supaya tidur lebih nyenyak, ia menyarankan untuk menghindari layar elektronik sebelum tidur. Untuk bisa bangun lebih pagi, jangan terlalu sering begadang dan tidur terlalu larut malam. Kamu harus mengatur jadwal tidur yang lebih disiplin agar mendapatkan istirahat yang cukup dan menghindari ngaret keesokan harinya.


4. Memanfaatkan waktu luang
Jika kamu memiliki waktu luang di siang hari, sebaiknya gunakan untuk menyelesaikan sedikit-sedikit pekerjaan. Hal ini dilakukan untuk menghindari pekerjaan menumpuk yang dilakukan saat malam hari dan membuat begadang semalaman.

5. Persiapkan semua keperluan di malam hari
Untuk kamu yang memiliki sifat pelupa, mempersiapkan lebih awal semua barang keperluanmu untuk esok hari adalah suatu cara yang tepat untuk mengantisipasi semuanya. Mulai dari pakaian, tas, dan perintilan untuk kebutuhan kerja lainnya.

Tapi gak semua orang Indonesia itu suka ngaret, lho. Masih banyak orang-orang yang selalu datang tepat waktu dan sangat menghargai ketepatan waktu. Biasanya orang-orang ini sangat kesal dengan orang yang suka ngaret karena dianggap tidak menghargai waktu dan usaha orang lain.

Untuk para pejuang #AntiNgaret, kamu gak perlu khawatir lagi karena GrabBike hadir untuk membantu kamu mengejar berbagai hal yang berarti bagi kamu, setiap harinya!

Sebelum itu, buat kamu yang suka ngaret, yuk mulai lebih menghargai diri sendiri dan orang lain dengan menjadi orang yang lebih tepat waktu! Nantikan informasi lebih lanjut mengenai program #AntiNgaret persembahan GrabBike, atau kunjungi Instagram Grab, @GrabID.

(dei/fef)