Sudut-sudut Cantik di Kota 'Bom Atom' Hiroshima

CNN Indonesia | Selasa, 06/08/2019 18:21 WIB
Sudut-sudut Cantik di Kota 'Bom Atom' Hiroshima Museum Perdamaian Hiroshima di Jepang. (REUTERS/Jonathan Ernst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hiroshima adalah kota di Jepang yang didirikan pada abad ke-16 dan difungsikan sebagai kota istana di delta Sungai Ota.

Kota ini kemudian berkembang sebagai kota pelabuhan di tepi Laut Pedalaman Seto, selanjutnya Hiroshima dikenal sebagai pusat industri tekstil dan barang-barang berbahan dasar karet.

Pada tanggal 6 Agustus 1945, kota ini dihujam bom atom oleh Amerika Serikat. Insiden ini membuat sebagian besar peradaban kota beserta penduduknya musnah.


Selain kehancuran, masalah yang timbul selanjutnya adalah dampak radiasi. Radiasi itu terjadi akibat bom yang diledakkan 600 meter di atas permukaan tanah, efek radiasi ini bahkan menular secara genetika.


Untuk membangun reruntuhan yang tersisa di Hiroshima, memerlukan waktu yang tidak sebentar. Meski pada akhirnya Hiroshima berhasil membangun kembali peradabannya, bahkan menyambut era modern dengan penuh semangat.

Kini Hiroshima mendapat predikat sebagai kota perdamaian, dan setiap tanggal 6 Agustus warga setempat memperingati 'A-Bomb Day' di Hiroshima Peace Memorial Park.

Layaknya daerah lain di Jepang, Hiroshima juga memiliki beberapa atraksi wisata yang menjaring banyak wisatawan. Berikut adalah lima di antaranya.


Museum Perdamaian Hiroshima

Tempat ini adalah objek wisata utama di Hiroshima. Ada beragam foto, film, dan hasil liputan koran atau majalah mengenai dampak ledakan bom atom 6 Agustus 1945.

Selain itu, ada galeri yang menampilkan barang-barang yang tersisa setelah ledakan bom atom seperti jam yang berhenti pukul 08.15, pakaian, sepeda, sendal, tas, dan kacamata.

5 Objek Wisata Penting di HiroshimaMuseum Perdamaian Hiroshima. (Istockphoto/TommL)

Atomic Bomb Dome

Selain museum perdamaian, salah satu lokasi napak tilas peristiwa hari pengeboman adalah Atomic Bomb Dome.

5 Objek Wisata Penting di HiroshimaAtomic Bomb Dome. (Reuters/Toru Hanai)

Tempat ini menjadi salah satu saksi bisu ledakan bom atom yang masih tegak berdiri. Mengunjungi tempat ini, pengunjung bisa merasakan dampak bom atom yang merusak struktur bangunan.


Hiroshima Downtown

Tempat ini biasa disebut sebagai pusat kota Hiroshima.

Di tempat ini terdapat beragam toko dan restoran, tapi yang paling spesial adalah Hondori Street yang hanya digunakan untuk pejalan kaki.

5 Objek Wisata Penting di HiroshimaHiroshima Downtown. (Istockphoto/bee32)

Kastel Hiroshima

Kastel Hiroshima dibangun pada tahun 1589 oleh seorang bangsawan bernama Mori Terumoto.

Kastel yang memiliki lima atap ini kerap membuat para pecinta arsitektur terpesona, karena terbilang rapi, cantik, dan elegan.

Bangunan ini juga terdampak oleh bom atom, namun akhirnya berhasil direstorasi.

5 Objek Wisata Penting di HiroshimaKastel Hiroshima. (Istockphoto/ShutterOK)

Tomonoura

Tomonoura adalah kota nelayan di Hiroshima. Selain laut dan pelabuhan, Tomonoura juga 'menampilkan' pegunungan dan kuil-kuil kuno.

Bagi yang sudah menonton film berjudul Ponyo, jangan heran jika merasa familier dengan Tomonoura karena tempat ini muncul dalam film animasi tersebut.

5 Objek Wisata Penting di HiroshimaTomonoura. (Istockphoto/fpdress)

[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)