Panduan Menggunakan Lilin yang Aman Saat Listrik Padam

tim, CNN Indonesia | Selasa, 06/08/2019 16:52 WIB
Panduan Menggunakan Lilin yang Aman Saat Listrik Padam ilustrasi lilin (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Listrik padam yang melanda Jakarta, Banten, dan Jawa Barat Minggu (4/8) lalu tak dimungkiri membuat orang-orang jadi gelisah. Bukan cuma soal tak ada wifi, internet, tak ada air, atau pendingin udara, tapi terutama soal kegelapan.

Memang, semua hal bakal sulit dilakukan jika tanpa penerangan. Akibatnya, lilin pun jadi alternatif dan pertolongan utama ketika listrik padam.

Bukan cuma mudah didapat, tapi lilin juga alternatif termurah untuk sumber cahaya saat mati lampu.


Namun, menggunakan lilin mesti berhati-hati. Sebab, jika api menyambar benda yang mudah terbakar, kebakaran hebat bisa terjadi. 


Agar tak jadi malapetaka, lilin mesti digunakan dengan tepat dan penuh penjagaan. Berikut sejumlah panduan menggunakan lilin yang aman saat mati lampu.

1. Letakkan di tempat yang tidak mudah terbakar
Letakkan lilin di wadah yang tidak mudah terbakar. Wadah kaca seperti piring, gelas atau kaleng adalah pilihan yang tepat untuk meletakkan lilin. Wadah ini juga dapat menampung sisa pembakaran lilin dan tetap aman jika lilin sudah hampir habis.

Jangan letakkan lilin di lantai, meja atau kursi kayu, dan benda yang mudah terbakar karena api dapat menyambar dengan cepat. 

2. Jauhkan dari benda yang mudah terbakar
Saat meletakkan lilin, posisikan di tempat yang jauh dari benda yang mudah  terbakar, misalnya di tengah ruangan. Jangan letakkan lilin di dekat lemari pakaian, lemari buku, atau barang elektronik. 

Jika lilin tersenggol atau jatuh, si jago merah bisa melahap benda-benda di sekitar.


3.  Selalu jaga lilin
Jangan pernah meninggalkan lilin yang menyala tanpa penjagaan. Pastikan lilin selalu berada di dekat Anda agar dapat diawasi dengan baik.

Berhati-hatilah saat menjaga lilin, jangan sampai tersenggol atau jatuh.

"Jika daya listrik padam, gunakan senter atau lampu bertenaga baterai jika memungkinkan, sebagai ganti lilin. Jika Anda harus menggunakannya, letakkan lilin di tempat yang aman jauh dari apa pun yang dapat terbakar. Jangan pernah meninggalkan lilin yang menyala tanpa dijaga," instruksi penggunaan lilin dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). (ptj/chs)