Sederet Peralatan yang Wajib Ada saat Mati Lampu

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 07/08/2019 10:42 WIB
Sederet Peralatan yang Wajib Ada saat Mati Lampu Ilustrasi. Sejumlah peralatan wajib ada untuk menyiasati mati lampu. (Foto: Istockphoto/Ruslan Danyliuk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mati lampu yang terjadi pada Minggu (4/8) lalu membuat banyak orang kelimpungan. Listrik yang padam total secara mendadak itu jelas mengganggu aktivitas warga.

Meski listrik telah kembali mengalir, namun kejadian serupa bisa terjadi kapan saja. Tak menutup kemungkinan listrik kembali padam sewaktu-waktu.

Agar listrik yang padam tak bikin kelimpungan, ada beberapa alat yang mesti Anda siapkan untuk menyiasatinya. Berikut beberapa alat yang bakal berguna saat listrik padam.


1. Senter
Salah satu barang andalan untuk mengeluarkan cahaya adalah senter. Siapkan senter dengan baterai yang terisi penuh. Simpan senter pada tempat yang mudah dijangkau.

Agar alat penerangan darurat itu mudah ditemukan, tempelkan stiker menyala dalam gelap (glow in the dark) pada senter Anda.

2. Lilin
Selain senter, sumber cahaya lain yang bisa Anda siapkan untuk mengatasi mati lampu adalah lilin. Selalu siapkan lilin dan korek api di rumah. Siapkan lilin berukuran besar agar awet digunakan hingga hitungan jam.

3. Korek gas
Meski bukan seorang perokok, tak ada salahnya jika Anda mengantongi korek gas. Sumber cahaya satu ini cukup praktis dan bisa dijadikan sebagai 'P3K' singkat saat aliran listrik terputus.

Gunakan korek gas untuk menemukan sumber cahaya lain yang lebih tahan lama seperti lilin dan lampu darurat.

4. Lampu darurat
Tak ada listrik yang mengalir? Cukup nyalakan emergency lamp alias lampu darurat.

Lampu disebut darurat karena hanya digunakan pada saat-saat tertentu. Umumnya, lampu berbentuk portable dan menyala dengan kekuatan daya yang dapat diisi ulang.

5. Power bank
Power bank tak hanya berguna saat bepergian dan sulit menemukan sumber listrik. Penyuplai daya satu ini juga bisa berguna pula saat aliran listrik terputus. Pastikan power bank selalu terisi penuh hingga sewaktu-waktu dapat diandalkan saat mati lampu.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)