6 Tips Aman Bertualang di Taman Nasional

agr, CNN Indonesia | Kamis, 08/08/2019 09:35 WIB
6 Tips Aman Bertualang di Taman Nasional Kawanan binatang liar merupakan pemandangan umum jika masuk ke dalam kawasan Taman Nasional. (Istockphoto/Utopia_88)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasan Taman Nasional kerap menjadi pilihan bagi para wisatawan, khususnya pecinta wisata alam, untuk menghabiskan waktu.

Menikmati pesona alam mulai dari matahari terbit hingga cahaya bulan bersinar merupakan salah satu kegiatan yang menjadi daya tarik di kawasan Taman Nasional.

Namun satu hal yang patut diingat saat berada di kawasan Taman Nasional adalah keberadaan hewan-hewan liar yang menjadi penghuni utama.


Tidak ada kandang atau pembatas apapun antara manusia dengan hewan di Taman Nasional, sehingga setiap pengunjung harus lebih waspada saat berada di sini.



Mengutip CNN Travel, Kamis (8/8), berikut adalah beberapa tips untuk tetap aman di kawasan Taman Nasional.

Tetap berada di dalam jalur
Setiap Taman Nasional memiliki jalur khusus yang dibuat untuk pengunjung, tentu saja pembuatan jalur ini mempertimbangkan beberapa faktor. Keselamatan pengunjung menjadi prioritas dalam faktor pembuatan jalur ini, jadi sebaiknya tetap berada dalam jalur selama melakukan perjalanan di kawasan Taman Nasional.

Jaga jarak dengan binatang
Meski jalur untuk pengunjung sudah dibuat seaman mungkin dari jalur satwa, namun sesekali tetap saja ada hewan yang melintas, karena pada dasarnya kawasan Taman Nasional adalah rumah mereka. Untuk itu tetaplah waspada dan jaga jarak jika melihat binatang liar, atau menjauhlah agar lebih aman.

6 Tips Aman Bertualang di Taman NasionalSinga di kawasan Taman Nasional Gir, India. (Istockphoto/PM10)




Jangan berhenti mendadak di tengah jalan
Jika melihat satwa atau hal apapun yang menarik saat sedang melakukan perjalanan, sebaiknya jangan langsung berhenti untuk mengabadikannya ke dalam memory card yang ada dalam gawai atau kamera. Usahakan lihat kondisi sekitar untuk memastikan keadaan aman.

Jangan meninggalkan sisa makanan
Pastikan untuk tidak meninggalkan sisa makanan di kawasan Taman Nasional, apalagi di area bermalam. Karena hewan sangat sensitif terhadap sisa makanan, bagi mereka sisa makanan layaknya sebuah undangan untuk makan.

6 Tips Aman Bertualang di Taman NasionalTaman Nasional Bali Barat. (Dok. Plataran Indonesia)




Pastikan air minum cukup
Layaknya mendaki gunung, menjelajahi kawasan Taman Nasional juga memerlukan stamina yang bagus. Salah satu cara menjaga stamina adalah tidak membiarkan tubuh kekurangan cairan. Untuk itu jangan sepelekan persediaan air untuk di perjalanan.

Perhatikan cuaca
Sebelum memulai perjalanan sebaiknya perhatikan musim agar bisa mempersiapkan segalanya dengan baik. Hal ini tak hanya perkara pakaian saja, tapi juga terkait dengan itinerary perjalanan selama di kawasan Taman Nasional.

[Gambas:Video CNN] (agr)