Deretan 'Roller Coaster' Berbentuk Paling Ajaib di Dunia

CNN Indonesia | Jumat, 09/08/2019 13:49 WIB
Deretan 'Roller Coaster' Berbentuk Paling Ajaib di Dunia Ilustrasi. (REUTERS/Issei Kato)
Jakarta, CNN Indonesia -- Walaupun terlihat menakutkan, namun wahana roller coaster selalu membuat penasaran banyak orang. Taman hiburan di penjuru dunia tak hentinya membuat terobosan baru untuk menghadirkan roller coaster yang lebih ngeri, menantang, sekaligus unik.

Bagi yang gemar menantang adrenaline, berikut sejumlah roller coaster dengan penampakan paling ajaib di di dunia:


1. Toboggan (Amerika Serikat)


Pertama kali muncul pada akhir tahun 1960-an, Toboggan merupakan roller coaster pertama di dunia yang menggunakan lift vertikal dalam permainannya.

Di awal permainan, kereta penumpang naik lift menuju atas menara. Sesampainya di menara, kereta penumpang meluncur di atas rel yang berbentuk spiral.

Di penghujung rel spiral, baru ada tanjakan dan turunan sampai ke tempat pemberhentian.

Sensasinya memang tak terlalu mengerikan, namun roller coaster ini menjadi inspirasi pembangunan roller coaster masa kini yang lebih canggih.

Saat ini hanya tinggal satu Toboggan yang beroperasi di taman bermain Little Amerricka di daerah Wisconsin, Amerika Serikat.

[Gambas:Youtube]

2. Screamin' Squirrel (Italia)

Wahana ini mungkin terlihat aneh karena kereta penumpangnya tak meluncur naik turun, melainkan hanya berputar di rel yang dibangun zig-zag.

Di atas rel, penumpang bakal merasakan sensasi meluncur di atas dan di bawah. Meski melaju lambat, namun pengalaman kaki di atas udara tetap membuat jantung berdesir.

[Gambas:Youtube]

3. Cobra (Swiss)

Sebenarnya rel roller coaster ini biasa saja, naik turun dan memiliki tikungan tajam.

Tapi yang membuat penumpangnya bakal berteriak-teriak ialah kereta penumpang bisa berputar 180 derajat di atas rel. Penumpang juga diajak meluncur maju dan mundur dalam kecepatan tinggi.

[Gambas:Youtube]

4. Hexenbessen (Jerman)

Hexenbessen dalam bahasa Jerman berarti sapu terbang. Seakan meniru makna tersebut, dalam wahana ini penumpang harus tiduran di dalam kapsul berkapasitas satu orang yang menggantung di atas rel.

Kecepatannya tak terlalu kencang. Saat kapsul meluncur, penumpang serasa terbang seperti Superman.

[Gambas:Youtube]

5. Big Air (Taiwan)

Wahana ini berupa roller coaster sistem spinning cars alias maju mundur di atas rel berbentuk huruf 'u' yang curam.

Walau tak ada variasi rel, namun penumpang tetap dibuat deg-degan dengan pemandangan rel tak berujung.

Sebelum dihempaskan ke bawah, kereta penumpang akan berhenti beberapa detik sehingga penumpang diberi pemandangan kengerian.

Mirip dengan Big Air, ada Pulsar di Belgia yang berkonsep sama, namun di tengah rel ada kubangan air yang membuat basah penumpang.

[Gambas:Youtube]


6. Montaña Suiza (Spanyol)


Merupakan roller coaster pertama yang dibangun di Spanyol, wahana ini masik menggunakan teknik jadul, bahkan ada supir yang bertugas mengerem kereta penumpangnya.

Walaupun jadul, namun kengeriannya tetap terasa, karena rel kereta ini dibangun cukup tinggi dan curam.

[Gambas:Youtube]

7. Diving Coaster: Vanish (Jepang)

Beberapa tahun yang lalu beredar video viral yang mempunyai judul seolah-olah terjadi sebuah kecelakaan roller coaster di Jepang. Sebenarnya roller coaster itu ialah Diving Coaster: Vanish, yang memiliki konsep rel menuju terowongan bawah tanah.

Selain terowongan bawah tanahnya, roller coaster ini juga memberi kengerian karena berada di tengah perkotaan dengan gedung-gedung yang menjulang tinggi.

[Gambas:Youtube]

9. X2 (Amerika Serikat)

Taman hiburan Six Flags memang sudah dikenal sebagai rumahnya berbagai macam roller coaster gila.

X2 merupakan roller coaster 4 dimensi pertama yang ada di dunia.

Kursi yang digunakan oleh wahana ini dapat berputar 360 derajat dan memungkinkan para pengunjung untuk merasakan sensasi berputar yang ekstrem.

[Gambas:Youtube]

10. The Riddler's Revenge (Amerika Serikat)

Masih berada di taman hiburan Six Flag, roller coaster ini membawa pengunjung meluncur sambil berdiri.

Memegang titel sebagai standing roller coaster tertinggi, tercepat, dan terpanjang, The Riddler's Revenge juga memiliki rel melengkung tertinggi di dunia.

[Gambas:Youtube]

(kia/ard)