REKOMENDASI KULINER

Godaan Aroma Teh Pegunungan Himalaya di Ibu Kota

CNN Indonesia | Jumat, 09/08/2019 20:26 WIB
Godaan Aroma Teh Pegunungan Himalaya di Ibu Kota Chaiholic menjadi bistro teh pertama di Indonesia. (CNN Indonesia/Daniela)
Jakarta, CNN Indonesia -- Teh menjadi salah satu minuman yang selalu ada di Indonesia. Beragam sajian hampir selalu hadir bersama secangkir teh hangat. Setiap cecap teh menghadirkan aroma yang tak bisa ditolak hidung.

Sama seperti kopi, teh hadir dengan beragam varian. Chaiholic, kedai teh anyar asal Negeri Singa mencoba menawarkan teh kelas 'ningrat' dengan ragam aroma yang rupawan.

Berlokasi di JW Marriot Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Chaiholic menjadi bistro teh pertama di Indonesia. Kata 'chai' berasal dari bahasa India yang berarti 'teh rempah.'


Beragam varian teh premium dipilih dari daun teh berkualitas tinggi. Tak main-main, Chaiholic mengimpor langsung teh yang ditanam di atas lahan perkebunan bebas pestisida di Pegunungan Himalaya.

Chaiholic membagi dua sajian teh sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ada teh yang diklaim dapat memberikan kesegaran bagi peminumnya, ada pula teh yang sengaja disajikan untuk memberikan efek menenangkan.

Godaan Aroma Teh Pegunungan Himalaya di Ibu KotaChaiholic menghadirkan ragam varian aroma teh kelas premium. (CNN Indonesia/Daniela)

Maklum, beberapa varian teh diketahui dapat membantu meredakan stres dan cemas yang bergejolak di kepala. Kandungan L-Theanine di dalamnya membuat peminumnya lebih rileks dalam sesaat.

Sebanyak 12 varian dari dua kategori menu sajian teh dihadirkan Chaiholic. Ada menu Chai Latte yang dikenal sebagai 'anti-accident' dengan efek yang sama dengan kopi. Kandungan kafein yang ada di dalamnya sontak menyegarkan tubuh. Mata yang sebelumnya layu, sontak terbuka lebar dan segar.

Dari menu ini, ada enam varian yang bisa Anda coba. Di antaranya Classic Masala, Zesty Ginger, Refreshing Lemongrass, dan Aromatic Cardamom.

Refreshing Lemongrass merupakan teh hitam yang dipadukan dengan aroma daun serai dan sedikit jahe. Rasa pahit begitu kentara terasa saat teh masuk ke dalam mulut. Aroma serai yang menyengat berhasil membuat mata melek, ditambah pula dengan rasa hangat di tenggorokan yang muncul dari jahe.

Selain empat aroma di atas, ada pula aroma Summer Rose dan Chocolate-T. Berbeda dengan empat lainnya, dua aroma teh ini dapat disajikan sebagai es krim.

Saat Summer Rose dicecap, semerbak aroma bunga mawar tercium. Dalam waktu sekejap, kesegaran mengalir di seantero tenggorokan.

Sensasi berbeda terasa saat mencecap Chai Latte Chocolate-T. Awalnya, rasa cokelat tak begitu kentara terasa. Namun, setelah es krim tiba di pangkal tenggorokan, rasa manis dari cokelat pun sontak bermunculan.

Kategori menu kedua adalah Premium Pots of Teas. Menu ini terbilang lebih ringan jika dibandingkan dengan Chai Latte. Kaya akan antioksidan, menu ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin menikmati teh dengan tenang dan santai.

Sama seperti Chai Latte, menu ini juga memiliki enam varian aroma. Di antaranya adalah Queen's Tea, Darjeeling, Oolong Tea, Green Tea, Bulgarian Rose Tea, dan White Pony Tea.

Sebanyak 12 varian aroma teh ini dibuat secara khusus tanpa menggunakan butiran gula. Teh juga diproses dengan menggunakan mesin langka.

Cluster Director of Marketing Chaiholic, Adeza Hamzah mengatakan, sajian teh yang dimiliki kedainya ditargetkan untuk kelas menengah ke atas. Tak heran jika kedai mengambil tempat di salah satu hotel mewah Ibu Kota.

Godaan Aroma Teh Pegunungan Himalaya di Ibu KotaTeh diboyong langsung dari Pegunungan Himalaya. (CNN Indonesia/Daniela)

"Memang pasar kami [Chaiholic] adalah kelas menengah ke atas," ujar Adeza saat ditemui di Chaiholic, Rabu (7/8) lalu. Rencananya, Chaiholic akan berekspansi dengan membuka kedai anyar di sejumlah mal Jakarta.

Namun, Anda tak perlu takut lapar saat berkunjung ke Chaiholic. Sederet sajian makanan mulai dari pastry hingga hidangan utama tersedia di sana. Membuat kedai teh yang kaya akan aroma ini bisa dikunjungi kapan pun. Belum lagi tata letak kedai yang tepat berdekatan dengan sebuah taman kecil, membuat suasana minum teh kian terasa nikmat.

[Gambas:Video CNN] (nad/asr)