6 Tempat Pelesir Sembari Beribadah di Mekah

CNN Indonesia | Jumat, 09/08/2019 20:09 WIB
6 Tempat Pelesir Sembari Beribadah di Mekah Pelaksanaan wukuf di Arafah pada 2018. (REUTERS/Zohra Bensemra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mekah merupakan kota tempat ibadah yang sangat sakral bagi umat Muslim di dunia. Terletak di Arab Saudi, setiap tahunnya kota ini dipadati oleh umat Muslim dari penjuru dunia yang menunaikan ibadah umrah atau haji.

Bagi yang sedang berada di Mekah, ada sejumlah tempat menarik yang bisa dikunjungi selepas ibadah:


1. Tempat belanja


Makkah Mall berupa pusat perbelanjaan yang berada sangat dekat dengan Masjidil Haram. Mirip mal yang ada di Jakarta, namun toko-toko internasional yang ada di sini lebih lengkap.

Tak cuma berbelanja, anak-anak juga bisa puas bermain di area permainannya.

Perlu diketahui kalau toko dan restoran di Mekah akan tutup selama waktu salat tiba dan berlangsung sekitar 30 menit.

2. Jelajah gunung

Terdapat beberapa gunung di Mekah yang sarat sejarah Islam. Belum lengkap rasanya jika datang ke Mekah tanpa mengunjungi gunung-gunung tersebut, yakni Jabal Al Noor, Jabal-e-Rehmat, Jabal Thawr dan Jabal Abu Qubais.

6 Tempat Pelesir Sembari Beribadah di MekahSeluncuran di Jabal Jais. (REUTERS/Ahmed Jadallah)

3. Al-Zaher Palace Museum Makkah

Museum yang berisikan sejarah Islam dan Mekah ini buka setiap hari.

Sesi pertama mulai pukul 08.30 pagi hingga 12.30 tengah hari. Sesi kedua pukul 16.00 sore hingga 21.00 malam.

Khusus Kamis dan Jumat dibuka pukul 17.00 sore hingga 20.30 malam.

Al-Zaher memamerkan koleksi artefak yang sarat sejarah penyebaran Islam mulai dari tanah Arab sampai ke sudut-sudut dunia.


4. Al Wahba

Kawah Al Wahba merupakan sisa letusan volkanik di Arab Saudi yang berjarak 250 kilometer dari kota Taif.

Kawah ini sedalam 250 meter dan selebar 2 kilometer.

Butuh waktu satu jam untuk bisa sampai ke bawah kawah. Pengunjung bisa berkunjung di sini dengan pemandu wisata, karena medannya sangat curam.

5. Kerajinan kiswah (penutup) Kabah

Kiswah adalah kain yang menutupi Kabah. Kain bertuliskan ayat-ayat Alquran ini biasanya diganti setiap tahun pada tanggal 9 Dzulhijjah, hari ketika jamaah haji berjalan ke Bukit Arafah pada musim Haji.

Dulu kala, salah sahabat Nabi Muhammad SAW, Umar bin Khattab, memotong-motong kiswah lama dan membagi-bagikan kainnya kepada para jamaah yang hendak menggunakannya sebagai pelindung dari panasnya suhu Mekah.

Saat ini tradisi tersebut masih dilakukan dan dihadiahkan kepada beberapa orang, seperti pejabat Muslim asing dan organisasi asing yang berkunjung.

Pembuatan kiswah bisa disaksikan di Al Kiswa yang berada di kawasan Umm Al-Joud. Di sana ada 200 pengerajin yang bahu membahu menjahit dan membordir kain berbahan sutera sepanjang 14 meter itu, lengkap dengan benang emas seberat 120 kg dan benang perak seberat 25 kg.

6 Tempat Pelesir Sembari Beribadah di MekahKiswah. (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)

6. Makkah Clock Tower

Makkah Royal Clock Tower merupakan ikon Arab Saudi yang berada di dekat Masjidil Haram. Bangunan setinggi 120 lantai ini adalah bangunan tertinggi ke-tiga di dunia.

Kemegahan Makkah Royal Clock Tower tak perlu diragukan lagi. Di dalamnya ada hotel mewah, pusat perbelanjaan, restoran, dan dek observasi.




[Gambas:Video CNN]
(vvn/ard)