Forever Engagement: Tunangan Selamanya Tanpa Menikah

tim, CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 08:47 WIB
Forever Engagement: Tunangan Selamanya Tanpa Menikah Tren bertunangan untuk selamanya kini menjadi pilihan bagi mereka yang enggan untuk mengikat hubungan dalam pernikahan. (PublicDomainPictures/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bicara soal pernikahan, banyak orang yang ingin segera menemukan jodoh lalu menikah dan hidup bahagia bersama orang yang mereka cintai. Ini menjadi gambaran paling ideal dalam hidup.

Namun seiring waktu, gambaran ideal itu mulai berubah. Tak semua orang 'mendambakan' pernikahan sebagai gambaran hidup idealnya. 

Baru-baru ini, sebuah tren bernama Forever Engagement hadir sebagai pilihan bagi mereka yang enggan untuk menikah dan lebih memilih untuk bertunangan selamanya.


Salah satu alasannya ialah karena biaya pernikahan yang cukup tinggi. Menurut Laporan Pernikahan Inggris tahun 2019, biaya rata-rata pernikahan di sana sebesar 17.674 poundsterling atau sekitar Rp300 juta dan naik menjadi 24.039 poundsterling atau sekitar Rp400 juta jika pernikahan dilangsungkan di ibukota.


Selain biaya, alasan lain yang memunculkan tren Forever Engagement ialah tingginya tingkat perceraian di Inggris, yakni mencapai 42 persen. Faktor tersebut kerap menimbulkan ketidakyakinan akan pernikahan dan membuat orang memutuskan untuk bertunangan saja.

Profesor bidang hukum di Oxford University Jonathan Herring menjelaskan, kini banyak orang lebih memilih untuk menjalin hubungan sesuai dengan apa yang mereka inginkan, ketimbang harus mengikuti 'standar' pernikahan yang identik dengan keagamaan dan budaya patriarki.

Artinya, dengan menjalin Forever Engagement, kedua pasangan hanya melibatkan komitmen yang tidak terikat pada hukum dan sosial yang berhubungan dengan pernikahan.

Kini banyak orang yang tak menganggap pernikahan adalah gambaran kehidupan ideal karena berbagai alasanFoto: StockSnap/Pixabay
Kini banyak orang yang tak menganggap pernikahan adalah gambaran kehidupan ideal karena berbagai alasan

Dilansir dari Refinery29, pemilik akun instagram fattiburke yang juga merupakan seorang ilustrator dan penulis buku anak mengungkap, status pernikahan dirasa ketinggalan zaman. Ia dan pasangan berkomitmen untuk bertunangan selamanya dan hidup bahagia. Walaupun banyak tekanan dari masyarakat, ia dan pasangan merasa sangat bahagia dalam hubungan tersebut ketimbang harus menikah hanya karena tuntutan masyarakat atau keluarga semata.

Seiring waktu, Forever Engagement mulai menjadi tren di kalangan orang-orang yang tidak ingin menikah. Namun bagi orang yang ingin mengikuti tren ini, perlu diingat bahwa tak adanya ikatan yang sah, maka ada sederet hal yang tidak bisa Anda tuntut secara hukum layaknya pasangan yang menikah. (dir/ayk)