Cara Mencuci Baju Putih Agar Tidak Cepat Kusam

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 19/09/2019 13:46 WIB
Cara Mencuci Baju Putih Agar Tidak Cepat Kusam Pakaian putih rentan membekas noda, lalu bagaimana cara merawatnya? (Foto: Istockphoto/Picsfive)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mencuci dan merawat baju putih tidak bisa dilakukan sembarangan dan memerlukan perawatan ekstra dibandingkan dengan pakaian warna lain. Sebab kotoran yang menempel rentan meninggalkan noda dan pakaian mudah berubah warna menjadi kusam atau kekuningan pada kondisi tertentu.

Salah merawat pakaian putih pun bisa membuat bajumu cepat berubah warna dan penampilan malah terkesan kotor. Namun, jika dilakukan dengan benar, akan mendapat hasil maksimal. 

Apalagi pakaian putih disukai banyak orang. Sifatnya yang mudah untuk dipadupadankan dengan kombinasi warna maupun acara apa pun, membuat baju putih menjadi stok busana wajib yang ada di lemari.
 

Nah, berikut cara merawat dan mencuci pakaian agar tetap putih dan tidak cepat kusam.


1. Pilah pakaian sesuai kategori warna ketika dicuci
Langkah pertama untuk menjaga warna pakaian tetap putih adalah dengan memilah cucian kotor. Pisahlah pakaian putih dengan pakaian warna lain misalnya merah atau warna gelap lainnya untuk mencegah kelunturan dari pakaian berwarna.

2. Deterjen

Merawat Pakaian agar Tetap Putih dan Tidak Cepat Kusam [EBG]Ilustrasi. Optical brighteners adalah bahan kimia sintetis yang ditambahkan ke deterjen untuk membuat pakaian tampak lebih putih dan cerah. (Foto: Reuters/Zinfos974/Prisca Bigot)

Pilih deterjen yang mengandung optical brighteners. Kandungan ini akan membuat kain tampak lebih putih. Cairan pemutih itu berfungsi meningkatkan cahaya biru dan meminimalkan kadar kuning, sehingga membuat kain tampak lebih putih.

3. Maksimalkan dengan bahan pemutih lain
Jika Anda merasa deterjen yang ada di rumah tidak bersih, maka tingkatkan kinerjanya dengan menambahkan setengah gelas boraks atau satu gelas soda kue di setiap pencucian.

4. Kucek bagian tertentu

Merawat Pakaian agar Tetap Putih dan Tidak Cepat Kusam [EBG]Mesin cuci hanya membantu membersihkan keringat dan debu, sehingga kotoran yang bekasnya membandel seperti bercak deodoran maupun daki harus dikucek manual agar bersih maksimal. (Foto: Pezibear/Pixabay)

Selalu kucek atau sikat bagian kerah, ketiak, lipatan tangan, dan kantong pakaian secara manual. Bagian ini adalah tempat berkumpulnya debu, kotoran, maupun daki yang sulit hilang bila menggunakan mesin cuci.

5. Hindari mesin cuci yang penuh
Jangan mengisi mesin cuci dengan penuh pakaian. Meski sudah memisahkan warna pakaian, namun jika mencuci dalam kondisi mesin cuci yang penuh maka kebersihannya tak akan optimal. Air bilasan tak akan bisa efektif membersihkan atau mengangkut semua kotoran dalam baju.

6. Perhatikan suhu air

Air hangat direkomendasikan untuk mencuci pakaian karena dapat membantu melepaskan minyak tubuh dan kotoran yang menempel yang menyebabkan baju putih kusam.


7. Cek pakaian
Salah satu cara merawat pakaian putih adalah dengan memeriksanya terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam mesin pengering. Jika masih ada noda, bersihkan ulang khusus pada bagian yang masih bernoda, kemudian bilas. Jangan dulu mengeringkan pakaian yang masih memiliki noda karena bisa menjadi permanen.

8. Jemur di bawah sinar matahari

Lebih baik jemur pakaian di bawah terik matahari langsung. Sinar ultraviolet dari matahari membantu mencerahkan dan memutihkan pakaian. Bila sudah kering segera angkat pakaian dari jemuran.

9. Atur suhu setrika
Merawat Pakaian agar Tetap Putih dan Tidak Cepat Kusam [EBG]Atur suhu setrika sesuai dengan material dan warna pakaian. Khusus pakaian berwarna putih gunakan suhu tidak terlalu panas agar tak gosong. (Foto: condesign/Pixabay)

Setelah pakaian kering, setrikalah pakaian putih dengan temperatur yang tidak terlalu tinggi atau panas. Temperatur yang terlalu panas bisa menggosongkan pakaian putih dan meninggalkan bekas kekuningan yang sukar dihilangkan. Jika masih kusut, percikkan sedikit air atau cairan pelicin untuk melicinkannya.

10. Penyimpanan

Merawat Pakaian agar Tetap Putih dan Tidak Cepat Kusam [EBG]Hanger berbahan kayu dan plastik lebih disarankan dibandingkan dengan yang berbahan besi karena rentan korosi dan membekas pada baju (Foto: Jeff Sheldon/Unsplash.com)

Untuk menjaga agar pakaian putih tidak kusam dan lecek, gunakan gantungan pakaian atau hanger berbahan plastik atau kayu. Hindari menggunakan gantungan berbahan besi karena rentan menimbulkan bercak karat pada pakaian.

11. Perawatan
Jika pakaian putih sudah terlihat kusam, segera rendam pakaian dengan pemutih setelah pakaian dicuci dengan deterjen khusus. Rendam selama tiga puluh menit sampai satu jam untuk mendapatkan hasil terbaik.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk merawat baju agar tetap putih dan mencegahnya dari kusam. Supaya pakaianmu tetap awet, selalu cuci pakaian putih setiap habis dipakai meskipun masih terlihat bersih. Karena minyak tubuh dan keringat bisa dengan cepat mengubah pakaian menjadi kuning.

(paz/fef)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA