Tiup Lilin Kue Ulang Tahun Disebut Picu Timbulnya Penyakit

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 14:38 WIB
Tiup Lilin Kue Ulang Tahun Disebut Picu Timbulnya Penyakit Ilustrasi. Tiup lilin kue ulang tahun disebut picu timbulnya penyakit melalui bakteri yang ada pada mulut. (Pixabay/Jeevan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Merayakan ulang tahun tak lengkap rasanya tanpa meniup lilin. Namun, siapa yang tahu jika tiup lilin kue ulang tahun picu munculnya penyakit pada tubuh?

Penyakit-penyakit itu ditimbulkan dari bakteri yang tersebar pada kue ulang tahun. Sebuah studi menemukan, meniup lilin meningkatkan penyebaran bakteri hingga 1.400 persen. Bakteri diketahui dibawa mulut saat meniup lilin.

Mengutip The Independent, studi yang dilakukan sejumlah peneliti dari Clemson University, South Carolina, Amerika Serikat itu menyebutkan bahwa napas manusia mengandung bakteri dan partikel debu yang disebut dengan bioaerosol. Bakteri dan partikel ini lah yang dapat berpindah dari mulut ke permukaan kue saat Anda meniup lilin kue ulang tahun.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Food Research ini mengamati sejumlah responden yang meniup lilin di atas sepotong kue dengan kandungan gula yang tinggi. Hasilnya ditemukan bahwa tiup lilin bisa meningkatkan penyebaran bakteri yang dapat picu sejumlah penyakit.

Turut mengomentari, ahli patologi Bobbi Pritt merasa heran dengan hasil studi yang menyebut bahwa tiup lilin kue ulang tahun dapat picu timbulnya penyakit. "Saya tak pernah menemukan seseorang yang sakit karena memakan kue ulang tahun," ujar Pritt.

Alih-alih menyalahkan kue ulang tahun sebagai penyebar penyakit, Pritt justru bersikeras bahwa ponsel lebih berkontribusi terhadap penyebaran bakteri buruk.

Hipotesa para peneliti ini ditemukan berdasarkan fakta bahwa mulut manusia mengandung ribuan bakteri. Namun, perlu diketahui, tak semua bakteri yang ada di mulut bersifat buruk. Beberapa bakteri pada mulut diketahui bermanfaat untuk proses tubuh mencerna makanan.

Ahli bakteri sekaligus kesehatan mulut, Harold Katz mengatakan, sebagian besar bakteri, termasuk yang ada di mulut, bersifat baik untuk tubuh. "Bakteri orak [yang ada dalam mulut] yang baik dapat membantu tubuh melawan virus," ujar Katz, mengutip Today.

Katz mencontohkan salah satu bakteri pada mulut yang berdampak negatif terhadap kesehatan adalah Strep pyogenes. Bakteri ini menyebabkan radang tenggorokan dan infeksi telinga.

Meski hasil studi menemukan bahwa tiup lilin dapat picu penyakit melalui bakteri yang ada pada mulut, Anda tak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, kebanyakan bakteri yang ada di mulut tak berbahaya untuk tubuh.

[Gambas:Video CNN]


(asr/asr)