Tak Selalu Buruk, Ketahui 4 Manfaat Rasa Cemas

CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 15:48 WIB
Tak Selalu Buruk, Ketahui 4 Manfaat Rasa Cemas Ilustrasi. Dalam beberapa hal, manfaat rasa cemas membuat Anda lebih aman. (Istockphoto/triocean)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perasaan cemas kerap menimbulkan pikiran negatif. Namun, bukan berarti perasaan yang mengganggu itu benar-benar harus disingkirkan. Sebab, rasa cemas juga punya manfaat untuk membangun diri.

Kecemasan adalah perasaan yang kerap ditandai dengan rasa takut, khawatir, dan ketakutan yang intens. Para pencemas umumnya menggambarkannya sebagai perasaan gugup dan takut yang dapat mengganggu kestabilan emosi.

Namun, sejumlah ilmuwan telah menemukan bahwa kecemasan belum tentu berujung pada sesuatu yang buruk. Rasa cemas yang baik mendorong seseorang untuk memiliki motivasi lebih terhadap kehidupan.

Berikut mengutip berbagai sumber, dampak positif dari rasa cemas.

1. Kecemasan sebagai motivasi
Perasaan cemas dapat memicu seseorang untuk lebih termotivasi dan siap untuk menghadapi tantangan baru.

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah atlet. Mengutip situs kesehatan Very Well Mind, studi menemukan, kecemasan berkontribusi ada peningkatan kinerja pada seorang atlet.

2. Cemas sebagai pengingat diri
Kecemasan yang timbul bisa menjadi 'peringatan dini' bagi diri untuk menghadapi sebuah perubahan penting yang tak pernah disadari.

Sebagai contoh, manfaat rasa cemas ini bisa ditemukan pada seseorang dengan masalah keuangan. Masalah tersebut membuat jam tidur berkurang akibat otak yang terus dikelilingi rasa cemas. Sebagai seorang yang bijak, hal itu seyogianya bisa menjadi tanda bahwa seseorang harus melakukan penyesuaian baru dalam hidupnya.

3. Cemas sebagai peringatan darurat
Sebuah studi yang dilakukan di Inggris menemukan, remaja dengan gangguan cemas memiliki lebih sedikit risiko kecelakaan yang berujung kematian daripada mereka yang tak memiliki perasaan cemas.

Kecemasan juga dapat melindungi diri Anda dari bahaya. Selain itu, cemas juga memungkinkan Anda bereaksi dengan cepat dalam keadaan darurat.

4. Melakukan sesuatu lebih mudah
Umumnya, kecemasan akan muncul saat seseorang tengah menghadapi atau akan melakukan sesuatu. Rasa cemas membuat seseorang tak percaya diri pada kemampuannya.

Namun, di balik itu, rasa cemas diam-diam membantu Anda untuk fokus pada satu hal. Mengutip Psychology Today, cemas akan mengarah pada pencapaian dan membantu memfokuskan pikiran pada tujuan.

Dalam beberapa hal, manfaat rasa cemas dapat membantu seseorang agar tetap aman.

[Gambas:Video CNN]


(dir/asr)