8 Kota Wisata di Spanyol selain Madrid dan Barcelona

CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 19:06 WIB
8 Kota Wisata di Spanyol selain Madrid dan Barcelona Katedral Palma de Mallorca di Pulau Mallorca, Spanyol. (AFP PHOTO / JAIME REINA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Madrid atau Barcelona bukan satu-satunya destinasi wisata yang menarik di Spanyol. Negara Matador ini punya banyak kota lain yang menarik dikunjungi plus masih sepi turis.

Di bawah ini merupakan beberapa kota di Spanyol selain Madrid dan Barcelona yang bisa dijadikan referensi berlibur:

1. San Sebastián


[Gambas:Instagram]

San Sebastián terletak di Teluk Biskai. Kota yang dikenal dengan koki-kokinya yang berbakat ini merupakan rumah bagi banyak restoran Michellin.

Bagi yang tidak memiliki budget lebih, Pintxos dapat menjadi pilihan untuk merasakan makanan lokal seperti bacalao al pil-pil dan gilda. Harga yang ditawarkan di tempat ini jauh lebih terjangkau dibanding makan di restoran.

2. Extremadura

Extremadura berada di barat daya Spanyol dan berbatasan langsung dengan negara Portugal.

Jika berjalan-jalan di kota ini wisatawan dapat menikmati pemandangan amfiteater kuno peninggalan Roma yang masih terawat dengan baik.

Di sini juga terdapat kota Cácares yang merupakan kota tua yang dilindungi UNESCO.

Mungkin bagi para penggemar 'Game of Thrones' tempat ini sudah tidak asing lagi. Cácares adalah tempat yang digunakan sebagai lokasi King's Landing.


3. Santiago de Compostela

[Gambas:Instagram]

Sebuah kota kuno yang berada di wilayah Galicia, Santiago de Compostela, terkenal sebagai rute ziarah bagi umat Katolik. Berdasarkan sejarah, makam St James dikatakan berada di kota ini.

Selain sebagai tempat untuk ritual keagamaan, kota ini juga memiliki arsitektur Romanesque-Gothic seperti yang terpatri di katedral yang berada di pusat kota.

Jika mengunjungi kota ini pada hari suci, wisatawan bisa mendapatkan kesempatan untuk melihat prosesi pedupaan yang melintas melewati aula Katedral.

4. Valencia

[Gambas:Instagram]

Jika ingin merasakan cita rasa asli dari paella, masukkan kota ini dalam rute perjalanan. Merupakan kota kelahiran paella, Valencia adalah kota terbesar ke-tiga tepat setelah Madrid dan Barcelona.

Bukan hanya terkenal dengan makanannya, kota ini juga memiliki pemandangan laut dan pantai yang luar biasa. Berdekatan dengan laut, Valencia adalah kota pelabuhan paling sibuk ke-lima di Eropa.

Jika ingin pergi ke tempat yang populer di kalangan anak muda Valencia, kunjungilah area Ruzafa.

5. Sevilla 

8 Kota Wisata di Spanyol selain Madrid dan BarcelonaSevilla. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)

Sevilla merupakan gambaran klasik dari kota-kota di Andalusia: kuno, namun penuh warna dan bersemangat.

Pada siang hari wisatawan dapat berkelana mengitari kota tua dan berjalan-jalan di sepanjang Sungai Guadalquivir yang teduh. Lalu pada malam hari nya beranjak menyeberangi sungai untuk menyaksikan pertunjukan flamenco di Los Gallos.

Terdapat juga Alcázar, istana dengan arsitektur Moorish yang selalu penuh dengan wisatawan.


6. Cádiz

8 Kota Wisata di Spanyol selain Madrid dan BarcelonaCádiz. (REUTERS/Jon Nazca)

Banyak orang yang mengenal Cádiz sebagai kota tepi laut dengan bangunan tua yang menawan. Namun hanya sedikit yang menyadari bahwa kota ini juga merupakan pemukiman tertua di Eropa Barat.

Bagi para pecinta wine dapat mendatangi segitiga Sherry Bodegas yang terdiri dari Jerez de la Frontera, Sanlúcar de Barrameda, dan El Puerto de Santa María untuk mencicipi anggur khas Spanyol.

7. Granada

8 Kota Wisata di Spanyol selain Madrid dan BarcelonaGranada. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)

Pernah dikuasai oleh kerajaan Islam pada zaman dulu, Granada banyak memiliki arsitektur dan interior yang terinspirasi dari kota-kota di Arab. Salah satu yang paling terkenal adalah Alhambra.

Belum lama ini salah satu drama Korea berjudul 'Memory of Alhambra' menggunakan kota ini sebagai lokasi utama pengambilan gambarnya.

Komplek istana megah dengan arsitektur Moorish yang menghiasi kota ini telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1984.

8. Kepulauan Canary

[Gambas:Instagram]

Terdiri dari banyak pulau yang terletak di lepas pantai Afrika Barat, Kepulauan Canary terasa seperti negara Latin yang berada di Spanyol.

Sementara Gran Canaria dan Tenerife menjadi tujuan paling populer bagi para wisatawan, Lanzarote dengan benteng alamnya yang berbentuk bulan dan Fuerteventura dengan pantai pasir putihnya menjadi tempat ideal untuk para wisatawan yang mencari kesunyian.



[Gambas:Video CNN]

(kia/ard)