Panduan Baru Cegah Penyakit Kardiovaskular: Gaya Hidup Sehat

CNN Indonesia | Sabtu, 17/08/2019 19:19 WIB
Panduan Baru Cegah Penyakit Kardiovaskular: Gaya Hidup Sehat Panduan Baru Cegah Penyakit Kardiovaskular: Gaya Hidup Sehat(Istockphoto/ Simarik)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panduan baru untuk mencegah penyakit kardiovaskular atau yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah menekankan pada gaya hidup sehat. Panduan ini baru saja diterbitkan oleh American College of Cardiology dan American Heart Association.

Panduan ini menekankan pada kesehatan sosial dan pengambilan keputusan untuk mengoptimalkan pencegahan penyakit kardiovaskular. Panduan ini dikembangkan oleh sejumlah peneliti yang terdiri dari dokter, ahli jantung, peneliti layanan kesehatan, ahli epidemiologi, perawat, dan lainnya. 

"Kebiasaan gaya hidup yang lebih baik adalah landasan pencegahan dan kesehatan yang baik," kata salah satu peneliti Roger S. Blumenthal kepada Reuters Health. 


Panduan untuk mencegah penyakit kardiovaskular pada orang dewasa dibuat melalui tinjauan bukti ekstensif, termasuk uji klinis acak, ulasan sistematis, dan meta-analisis.

Panduan ini merekomendasikan agar setiap orang menjalani pola makan sehat.


"Kita semua harus berusaha meningkatkan jumlah buah, sayuran, serat, ikan dan meminimalkan makanan yang digoreng, daging olahan, makanan dengan jumlah gula yang tinggi, dan minuman yang dimaniskan dengan gula," kata Blumenthal.

Kolesterol makanan dan sodium atau garam juga harus dikurangi. Lemak jenuh pun mesti diganti dengan lemak tak jenuh ganda. 

Ilustrasi: Olahraga juga akan membantu menciptakan gaya hidup sehatFoto: Istockphoto/stevecoleimages
Ilustrasi: Olahraga juga akan membantu menciptakan gaya hidup sehat


Selain makanan, aktivitas fisik juga sangat direkomendasikan untuk cegah penyakit jantung atau kardiovaskular. Setidaknya, setiap orang disarankan untuk melakukan aktivitas fisik yang cepat 40 menit setiap hari.

"Terlibat dalam setidaknya beberapa aktivitas sedang hingga kuat bisa bermanfaat," ucap Blumenthal.

Berhenti merokok dan menghindari produk tembakau lainnya juga akan memberikan manfaat signifikan untuk pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah.

memilih makanan sehat juga bisa jadi cara hidup sehatFoto: CNN Indonesia/Andry Novelino
memilih makanan sehat juga bisa jadi cara hidup sehat
(chs/chs)