7 Cara Agar Tubuh Bakar Lemak saat Tidur

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 14/08/2019 15:48 WIB
7 Cara Agar Tubuh Bakar Lemak saat Tidur Ilustrasi. Tidur dapat dimanfaatkan untuk proses pembakaran lemak dalam tubuh. (Istockphoto/Urilux)
Jakarta, CNN Indonesia -- Olahraga bukan satu-satunya kegiatan yang dapat membakar cadangan lemak dalam tubuh. Tidur malam pun bisa Anda 'manfaatkan' untuk membakar lemak.

Berikut beberapa cara agar lemak dalam tubuh lebih banyak terbakar selagi tidur.

1. Tidak makan karbohidrat saat malam
Sejatinya, walau sedang tidur tubuh tetap membutuhkan energi untuk bisa menjalankan fungsi, baik itu memompa darah, bernapas, bahkan mencerna makanan.


Untuk bisa menghasilkan energi, tubuh membutuhkan kalori yang didapat dari makanan berupa karbohidrat atau cadangan lemak. Agar tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai kalori yang dibakar, ada baiknya untuk tidak makan karbohidrat kompleks 2 jam sebelum tidur malam.

2. Konsumsi makanan kaya asam amino
Alih-alih makan malam dengan karbohidrat kompleks seperti nasi atau mi, konsumsi makanan kaya akan asam amino triptofan membuat tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna, yang akhirnya dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak semalaman.

Beberapa makanan yang kaya asam amino triptofan antara lain daging dada ayam, telur rebus, atau daging kalkun. Makanlah bersama salad sayur tanpa nasi.

3. Minum teh hijau
Cukup banyak penelitian yang mengungkap khasiat teh hijau dalam menurunkan berat badan. Anda bisa menyeduh teh hijau hangat tanpa gula sesaat sebelum tidur.

7 Cara Agar Tubuh Bakar Lemak saat TidurIlustrasi. Teh hijau menjadi salah satu minuman pembakar lemak pilihan. (Pixabay/Unsplash)

Mengutip Healthline, secangkir teh hijau tak hanya dapat menghambat sel dalam membentuk lemak. Teh hijau juga mampu merangsang tubuh untuk melakukan pemecahan lemak.

4. Matikan lampu kamar
Tidur dalam kamar yang temaram dapat memacu tubuh untuk melepaskan hormon melatonin. Hormon melatonin sendiri membuat kita lebih mudah untuk tidur lelap, menstabilkan tekanan darah, serta menetralkan kadar hormon stres.

Selain itu, hormon melatonin juga memiliki andil dalam menghasilkan lemak cokelat, yaitu lemak yang dapat memaksimalkan metabolisme kalori. Metabolisme yang baik bisa menjadi kunci untuk mengikis cadangan lemak dalam tubuh.

5. Konsumsi kacang-kacangan
Kacang almond atau kenari yang dipanggang mampu meningkatkan produksi hormon melatonin.

Direktur lembaga Sleep to Live Institute Dr Robert Oexman mengatakan, memakan segenggam almond atau kenari sebelum tidur tak hanya dapat menghilangkan rasa lapar. Kedua kacang ini juga dapat membuat tidur lebih nyenyak dan meningkatkan kesehatan jantung.

6. Tidur dalam kamar yang dingin
Udara dingin mendorong tubuh untuk membakar lebih banyak kalori. Itu berarti, kemungkinan cadangan lemak untuk dibakar menjadi lebih tinggi.

Mengutip The Sleep Doctor, psikolog klinis Michael J Breus, juga mendapati kamar tidur yang dingin dapat merangsang tubuh memproduksi lemak cokelat yang efektif memaksimalkan metabolisme tubuh.

7. Tidur tanpa busana
Breus juga menyarankan pasiennya untuk tidur tanpa busana demi memperlancar pembakaran lemak tubuh.

Tidur tanpa busana membuat tubuh terstimulasi untuk mengatur suhu sendiri, menyesuaikannya dengan suhu kamar, yang mana membutuhkan cukup banyak energi untuk melakukannya. Hasilnya, cadangan lemak pun bisa terbakar saat tidur untuk menghasilkan energi.

[Gambas:Video CNN] (ayk/ayk)