FOTO: Gemerlap Monas dalam 'Festival of Light'

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Minggu, 18/08/2019 16:18 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Hingga 23 Agustus 2019, Monumen Nasional di Jakarta akan lebih gemerlap dengan lampu-lampu Festival of Light.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menggelar Festival of Light di Taman Selatan Monas dalam rangka Monas Week dan memeriahkan HUT ke 74 Republik Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Ratusan orang terlihat mengunjungi Festival of Light di Monas, Jakarta Pusat, yang ditunjukkan sebagai salah satu sajian untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI.
Mereka datang dari berbagai wilayah di Jakarta dan banyak di antaranya yang mengunjungi lokasi festival bersama teman bahkan keluarga.
Lampu tentang Pangeran Jayakarta, perahu Majapahit, tanaman lampu dengan tema Merah Putih, hingga miniatur tempat pembacaan proklamasi menjadi tempat incaran warga untuk ber-selfie.
Plt UPT Monas Munjirin mengatakan, tema festival ini menggabungkan sejarah dan kebudayaan Indonesia dengan kemajuan teknologi, berupa lampu warna-warni yang tampak cantik. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Rencananya ada juga pertunjukan lampu laser yang diiringi musik. Pertunjukan pertama dimulai pukul 18.30-18.55 WIB, pertunjukan kedua dimulai pukul 20.00-20.55 WIB, dan pertunjukan ketiga dimulai pukul 21.00-21.25 WIB. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Festival of Light memamerkan banyak replika bertema kemerdekaan seperti rumah proklamasi yang dihiasi cahaya warna-warni dilengkapi dengan pembacaan teks proklamasi yang dibunyikan dari balik replika tokoh perjuangan Soekarno dan Mohammad Hatta.
Selain replika tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan, ada juga replika kapal yang dijadikan sebagai tempat pertunjukan musik, jembatan cahaya dan beraneka ragam replika bunga yang dihiasi dengan lampu warna-warni.
Budi, salah satu petugas pengamanan di kawasan Monas, mengatakan