3 Kiat Agar Pesta Diskon Tak 'Kuras' Dompet

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 16:07 WIB
3 Kiat Agar Pesta Diskon Tak 'Kuras' Dompet Ilustrasi. Suasana Indonesia Great Sale 2019 di AEON Mall BSD, Tangerang, Rabu(14/8). (CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dari gerai fesyen hingga makanan, ada banyak penawaran diskon di perayaan Indonesia Great sale 2019.

Pesta diskon yang sudah terselenggara mulai pekan lalu ini umumnya akan berlangsung hingga HUT RI Ke-74 pada 17 Agustus 2019.

Selain mempersiapkan daftar mal yang menawarkan diskon besar, beberapa langkah ini juga bisa membuat pengalaman belanja Anda tak berujung 'lapar mata'.


1. Fokus pada uang yang keluar
Apa yang membuat orang 'kehilangan' banyak uang saat pesta diskon ialah memikirkan diskon terlebih dahulu ketimbang berapa banyak uang yang keluar.

Padahal, bila Anda membeli barang seharga Rp500 ribu dengan diskon 50 persen, Anda sebenarnya tidak menghemat uang sebesar Rp250 ribu, melainkan mengeluarkan uang sebesar Rp250 ribu ditambah dengan pajak dan servis.

Jadi, adakah barang lain seharga Rp250 ribu yang sebenarnya lebih Anda butuhkan?

2. Semakin sering dipakai, semakin layak beli
Semisal Anda dihadapkan pada dua pilihan tas diskon seharga Rp200 ribu dan Rp500 ribu, baiknya tak memikirkan mana yang lebih murah. Tapi, pikirkan tas mana yang akan lebih sering Anda gunakan, baik model maupun daya tahannya.

Bila tas Rp200 sekiranya hanya akan Anda gunakan 10 kali, maka harga per pemakaiannya Rp20 ribu. Namun bila tas Rp500 ribu akan Anda gunakan berkali-kali hingga 50 kali, maka harga per pemakaiannya Rp10 ribu.

Dengan kata lain, tas seharga Rp500 ribu menjadi lebih hemat.

3. Perut kenyang
Mengutip USCNews, penelitian yang dilakukan oleh Profesor bidang Psikologi dan Pemasaran Norbert Schwarz mendapati, pembeli yang lapar dapat menghabiskan uang 60 persen lebih banyak ketimbang mereka yang perutnya kenyang.

Schwarz menambahkan, rasa lapar tak hanya memicu Anda melakukan pemborosan untuk membeli makanan saja, tapi juga barang-barang lainnya.

"Sangat mungkin bahwa Anda juga akan tertarik pada banyak produk yang sebenarnya tak akan menghilangkan rasa lapar," lanjut Schwarz.

Jadi, siap berburu diskon tanpa bikin dompet 'melompong'?

[Gambas:Video CNN] (ayk/ayk)