Cara Mencuci Pakaian Bayi yang Penting Diketahui Ibu

CNN Indonesia | Selasa, 15/10/2019 08:21 WIB
Cara Mencuci Pakaian Bayi yang Penting Diketahui Ibu Ilustrasi bayi. Penting untuk mengetahui cara mencuci pakaian bayi dengan benar agar si buah hati tetap merasa nyaman.(Istockphoto/encrier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebanyakan orang beranggapan bahwa cara mencuci pakaian bayi yang benar sama seperti mencuci pakaian orang dewasa. Padahal hal ini adalah sesuatu yang keliru dilakukan karena bayi masih memiliki kulit yang sensitif dan rentan mengalami iritasi jika tersentuh sesuatu yang asing.

Mencuci pakaian bayi dengan benar penting dilakukan agar kesehatan kulit si buah hati dapat selalu terjaga. Selain itu sang bayi juga akan dapat merasa nyaman dengan pakaian yang ia kenakan. 

Dikutip dari berbagai situs berikut cara mudah mencuci pakaian bayi yang baik dan benar.


Cek Label Perawatan
Cara Mencuci Pakaian Bayi yang Penting Diketahui IbuFoto: christianabella/Pixabay

Menuruti label perawatan yang tertera pada pakaian bayi adalah keharusan. Kebanyakan orang tua masih menyepelekan hal ini. Padahal, tujuan label perawatan adalah agar menjaga kualitas pakaian tetap baik sehingga bayi akan selalu merasa nyaman memakainya. 

Label perawatan akan membantu anda terutama jika mencuci pakaian bayi menggunakan mesin cuci yang tentu akan sangat membantu meringankan pekerjaan anda. 


Akan tetapi, ada beberapa jenis bahan pakaian bayi tidak dapat dicuci dengan mesin cuci. Di situlah fungsi label perawatan pakaian bekerja. Label perawatan akan memberi tahu informasi pakaian bayi anda bisa di cuci menggunakan mesin cuci atau tidak. 

Label perawatan juga menginformasikan suhu air yang tepat saat mencuci pakaian bayi anda. 

Pisahkan Popok Kain dan Pakaian Lainnya
Cara Mencuci Pakaian Bayi yang Penting Diketahui IbuMencuci popok kain tidak boleh sembarangan dan harus dipisahkan dari pakaian bayi lainnya. (Jeshoots)

Banyak orang tua yang memakaikan bayinya dengan popok kain, karena dianggap lebih aman untuk kulit bayi dan bebas dari bahan kimia. Dengan menggunakan popok kain, bahannya yang halus dan lembut akan membuat bayi merasa lebih nyaman.

Akan tetapi, karena seringkali terkena noda dan dicuci berulang kali, popok kain pun menjadi cepat menguning dan rusak. Ditambah lagi, cara mencuci pakaian bayi jenis ini tidak boleh sembarangan. Caranya adalah dengan memisahkan popok kain bayi dengan pakaian bayi lainnya. 


Selain itu, penggunaan pelembut pakaian juga harus dihindari. Pasalnya hal itu dapat menyebabkan sisa bahan lilin di permukaan popok membuat bahan katun menolak air dan mengurangi daya serap popok.

Saat mencuci pakaian bayi, pelembut atau pewangi juga bisa menyebabkan tumpukan residu yang mengurangi kinerja popok.

Pilih Deterjen yang Tepat
Cara Mencuci Pakaian Bayi yang Penting Diketahui IbuGunakan deterjen yang diformulasikan untuk bayi untuk menjaga buah hati tetap nyaman. (Photo by LOIC VENANCE / AFP)

Banyak orang tua mencuci pakaian bayi mereka dengan detergen biasa. Sebenarnya selama sang bayi tidak memiliki alergi, tidak ada yang salah dengan menggunakan detergen biasa.

Akan tetapi jika bayi anda masih berumur sangat muda dan masih memiliki kulit yang sensitif, anda harus menggunakan produk detergen yang memang diformulasikan untuk kulit bayi sensitif. 


Pilihlah detergen yang tidak mengandung pelembut, pemutih, dan pewangi pakaian. Detergen yang mengandung zat kimia dapat membuat kulit bayi rentan mengalami iritasi kulit atau alergi. 

Detergen khusus untuk pakaian bayi biasanya tidak menghilangkan noda dengan benar. Jadi, carilah detergen yang mengandung bahan alami yang aman untuk kulit bayi serta menjaga kebersihan pakaian bayi.

Merendam pakaian

Cara mencuci pakaian bayi selanjutnya adalah dengan merendam pakaian yang kotor penuh noda. Ketika pakaian bayi terlihat sangat kotor terkena noda bandel seperti air susu, muntahan, ataupun urine dan kotoran bayi, jangan biasakan untuk mengucek pakaian bayi tersebut. 


Mengucek pakaian bayi dapat membuat bahan kain menjadi cepat rusak dan akan mengakibatkan pakaian tersebut tidak terasa nyaman ketika dipakai oleh bayi.

Menghilangkan noda-noda tersebut bisa diakali dengan cara merendam pakaian bayi ke dalam air detergen khusus pakaian bayi. Jika perlu, sebagai cara mencuci pakaian bayi agar si buah hati tetap nyaman, gunakan sabun penghilang noda yang sebelumnya sudah dipastikan aman untuk pakaian bayi.

[Gambas:Video CNN] (otn/DAL)