Informasi Penting Sebelum Menerbangkan Drone di Tempat Wisata

CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 17:03 WIB
Informasi Penting Sebelum Menerbangkan Drone di Tempat Wisata Ilustrasi. (REUTERS/Amanda Voisard)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bandara Internasional Heathrow di Inggris sempat ditutup karena ada drone yang terbang liar. Namun kasus "kekacauan" akibat drone bukan yang pertama kali terjadi.

Keberadaan drone semakin meresahkan, terutama bagi pemilik properti di tempat wisata.

Sejumlah negara juga menerapkan aturan ketat terkait drone. Amerika Serikat memberikan denda sebesar US$5000 sampai penjara maksimal enam bulan bagi drone yang terbang liar.


Jika berencana keluar negeri untuk berburu foto dan video wisata dengan drone, berikut sejumlah hal yang patut diperhatikan seperti yang dikutip dari The New York Times pada Kamis (16/8):


1. Cek aturan

Sebelum menerbangkan drone di kawasan wisata, cek dulu aturannya di Airmap.io, FAA.gov, knowbeforeyoufly.org, atau aplikasi B4UFLY.

DJI, produsen drone terbesar di dunia, juga menyarankan untuk melakukan riset soal kawasan setempat sebelum menerbangkan drone, salah satunya dengan mengecek map interaktif mereka.

Sebagai contoh, sebagian besar kawasan Paris dan Washington terlarang untuk drone. Sementara di Inggris dan Jepang, drone harus terbang di atas 50 meter sebuah bangunan.

2. Izin terbang

Untuk menerbangkan drone di Amerika Serikat, turis harus mengantungi surat izin terbang dan registrasi drone dari Federal Aviation Administration (FAA).

Jika ingin menerbangkannya dekat bandara, FAA menyarankan turis untuk mengecek aturan Low Altitude Authorization and Notification Capability.

3. Alat ringkas

Secara sederhana drone yang terlarang berupa drone yang memiliki teknologi terlalu canggih, sehingga dicurigai sebagai alat memata-matai.

Kalau kebutuhannya hanya untuk video atau foto wisata, turis bisa membawa drone yang lebih ringkas, seperti DJI Tello.


4. Dalam pesawat

Baterai drone biasanya terbuat dari lithium ion atau lithium polymer. Baterai semacam ini terlarang untuk dibawa dalam jumlah banyak ke dalam kabin pesawat.

Bawalah baterai yang setengah terisi dalam drone yang bakal disimpan di kabin pesawat. Lalu kemas baterai cadangan yang tidak terisi untuk disimpan di bagasi pesawat.

5. Terbang santun

Kehidupan hewan liar dan area pribadi milik orang lain merupakan beberapa hal yang tak patut direkam oleh drone. Ingatkan diri agar tak mengarahkan drone terlalu dekat dengan dua hal tersebut.

Patuhi peraturan tak menerbangkan drone jika ada. Jangan memaksakan diri menerbangkan drone di area yang terlalu ramai.


[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)