Helsinki Melibatkan Wisatawan untuk Menjaga Lingkungan

agr, CNN Indonesia | Jumat, 16/08/2019 14:52 WIB
Helsinki Melibatkan Wisatawan untuk Menjaga Lingkungan Penduduk dan wisatawan di Helsinki. (Istockphoto/peeterv)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemanasan global dan perubahan iklim adalah permasalahan yang harus dihadapi oleh seluruh penduduk bumi, termasuk wisatawan yang kerap bepergian ke tempat-tempat terindah di dunia.

Ibu kota Finlandia, Helsinki, membuat program untuk wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut untuk menjadi lebih ramah lingkungan dan peduli terhadap perubahan iklim.




Think Sustainably adalah nama program di dunia maya yang dikhususkan untuk membantu wisatawan dan penduduk menerapkan pola hidup ramah lingkungan.

Mengutip lonely planet, Jumat (16/8), cara agar warga dan wisatawan berkontribusi adalah memberi rating kepada beberapa tempat di Helsinki seperti restoran, toko, penginapan, dan lainnya terkait kriteria peduli lingkungan.

Tak hanya itu saja, layanan daring ini juga menawarkan rute bebas emisi untuk para wisatawan hingga transportasi gratis untuk mengurasi jumlah emisi di Helsinki.



Gagasan ini tercetus akibat dampak pemanasan global yang sudah dirasakan oleh warga Helsinki. Mulai dari skala rumah tangga, hingga ke tingkat dewan kota.

Meskipun masih dalam tahap percobaan, program ini menjadi prioritas pemerintah kota Helsinki karena menurutnya tidak ada pilihan lain selain menerapkan pola hidup ramah lingkungan.

Para penyedia jasa kepentingan umum di Helsinki juga harus meningkatkan layanan mereka terkait kebijakan ini.



Untuk menerapkan pola hidup ramah lingkungan, wisatawan bisa menerapkan beberapa cara salah satunya adalah perbanyak berjalan kaki. 

Jika dari lokasi A ke lokasi B jaraknya masih masuk akal untuk didatangi dengan berjalan kaki, maka sebaiknya berjalan kakilah. Karena selain menyehatkan, berjalan kaki memberi nilai tambah terhadap pengalaman berwisata seseorang.

Selain itu, bijak menggunakan air adalah aktivitas yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. 

[Gambas:Video CNN] (agr)