6 Desainer Kebaya Modern yang Melintasi Negara

tim, CNN Indonesia | Minggu, 18/08/2019 20:09 WIB
6 Desainer Kebaya Modern yang Melintasi Negara Kebaya rancangan Marga Alam (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di negeri sendiri, kebaya bisa merajai acara-acara khusus bahkan sampai acara kenegaraan sekalipun. Ibu negara atau tokoh perempuan kerap mengenakan kebaya. Lalu bagaimana kebaya di kancah internasional?

Desainer-desainer tanah air jadi insan-insan yang berperan menduniakan kebaya. Mereka tak hanya eksis di Indonesia tapi juga tak asing di telinga penikmat mode dunia.

Sentuhan modifikasi demi menjadikan kebaya modern dengan cita rasa asli Indonesia


1. Anne Avantie

Anne Avantie (menggunakan kamboja di sanggulnya)Foto: CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman
Anne Avantie (menggunakan kamboja di sanggulnya)

Perempuan yang akrab disapa Bunda Anne ini seperti tak pernah kehabisan ide dan inovasi. Kebaya rancangannya kerap memberikan kesan modern bahkan 'nyeleneh'. Namun dalam sebuah kesempatan Anne mengungkapkan bahwa dirinya pertama kali terinspirasi dari kebaya kutubaru. Kebaya inilah yang menggugah dirinya untuk segera terjun ke dunia desain kebaya modern. 

Salah satu karyanya yang cukup fenomenal ialah kebaya modifikasi untuk Agnez Mo dalam video musik 'Long As I Get Paid' (2017). Lewat video musik ini pula, karya Anne makin dikenal. 

"Tidak ada yang merencanakan itu. Saya berpikir hanya mendesain untuk seorang Agnez Mo sesuai keinginannya. Kalau sekarang sampai mendunia, itu kehendak Tuhan", kata Anne di rumahnya Semarang beberapa waktu lalu. 

Tak hanya itu, sejak sekitar 2004 dia rajin 'mendandani' para finalis Puteri Indonesia. Pun demikian saat Miss Universe, Miss International dan Miss Supranational bertandang ke Indonesia. Tak ada satu pun yang tak kagum dengan kepiawaiannya meracik kebaya. 

2. Ferry Sunarto

Ferry Sunarto saat fashion show Festival Indonesia Moscow 2017.Foto: Dok. Ferry Sunarto
Ferry Sunarto saat fashion show Festival Indonesia Moscow 2017.

Kebaya dan Ferry Sunarto tampaknya memang tak terpisahkan. Desainer asal Bandung, Jawa Barat ini dikenal sebagai desainer kebaya dengan sentuhan modern. Ia pun tak ragu mengutak-atik kebaya menjadi busana yang unik dan bahkan diterima masyarakat internasional. 

Ferry kerap memamerkan karyanya di luar negeri. Pada 2013, dia diundang untuk menampilkan kebaya dalam gelaran Landpartie Schloss Buckebug, pesta tahunan yang diadakan oleh Kerajaan Schaumburg-Lippe, Jerman. Puteri Nadja Anna Zsoek, kini mantan istri Pangeran Alexander, mengenakan salah satu kebaya rancangannya. 

Kemudian baru-baru ini Ferry mendapat kesempatan turut serta dalam ajang Festival Indonesia Moscow di Rusia. 

3. Adjie Notonegoro

[Gambas:Instagram]


Deret kasus penipuan hingga penggelapan uang memang jadi catatan buruk desainer Adjie Notonegoro. Namun paman dari Ivan Gunawan ini jelas masih diperhitungkan dalam keahliannya merancang busana. Karyanya pernah dikenakan tokoh-tokoh dunia seperti Fidel Castro dan Bill Clinton. 

Dia pun beberapa kali berkesempatan menampilkan karya rancangan kebaya di luar negeri. Bahkan menghimpun dari berbagai sumber, kebaya rancangannya sudah masuk ke museum di beberapa negara. Ada beraneka ragam kreasi, tetapi ia tak meninggalkan kekhasannya yakni panel-panel transparan yang disematkan pada kebaya sehingga meninggalkan kesan seksi pada pemakainya. 

4. Raden Sirait

Siapa sangka berkat tangan putera daerah Sumatera Utara ini kebaya bisa wara-wiri di red carpet Oscar 2012. Presenter Voice of America Debby Samual mengenakan kebaya hitam rancangan Raden Sirait. Kebaya ini pun mencuri perhatian sekaligus menuai pujian. 

Di tanah air, kebayanya banyak dikenakan beberapa artis dalam momen pernikahan mereka seperti Ardina Rasti dan Magdalena. 

Desainer yang belajar secara otodidak ini akrab dengan kebaya bernuansa modern. Tengok saja koleksinya di bawah label Luire. Label ini sudah menghuni toko online kenamaan. Kebaya tak terkesan tua dan bisa dipadukan dengan celana panjang. 

5. Marga Alam

Desainer kebaya Marga AlamFoto: Detikcom/Mohammad Abduh
Desainer kebaya Marga Alam


Meski telah berpulang pada Mei 2018 silam, desainer Marga Alam meninggalkan kesan mendalam di kalangan pelaku mode. Dia dikenal sebagai desainer yang konsisten meramu kebaya dan busana pernikahan. Label 'Marga Alam' pun lahir di 1997 dan sejak saat itu karya-karyanya mulai dilirik penikmat fashion dan media massa. 

Kebayanya lekat dengan detail ukir-ukiran dan aneka bentuk kerah. Desainer Ai Syarif menyebut rancangan Marga begitu khas dengan detail kerah tinggi. 

6. Ramli

Desainer Ramli Sarwi Gozali Kartowdijojo atau akrab disapa Ramli pun telah terlebih dahulu berpulang pada Januari 2013. Dia termasuk desainer senior yang terus berupaya merawat kain tradisional Indonesia. 

Sulaman dan bordir memang jadi kekuatan Ramli sehingga seolah keduanya naik kelas berkat sang desainer. Rancangan kebaya encim miliknya mencuri perhatian berkat sematan bordir di sana-sini. 

Dia pula yang menyulap batik menjadi busana-busana modern mulai dari blus, celana panjang, kebaya dan jaket. (els/chs)