Mengenal Kawasan Wisata Pandanan yang Ludes Terbakar

CNN Indonesia | Senin, 19/08/2019 10:03 WIB
Mengenal Kawasan Wisata Pandanan yang Ludes Terbakar Ilustrasi objek wisata di . (ainun)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasan wisata Bukit Pandanan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dilaporkan terbakar pada Minggu (18/8) sejak pukul 14.00 WITA. Dalam insiden ini, diperkirakan puluhan hektare  hutan dan lahan hangus.

Akibat kebakaran kawasan perbukitan di dekat pantai tersebut, PLN memadamkan listrik mulai dari Desa Malaka hingga ke kawasan tiga gili, yakni Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

"Listrik dipadamkan untuk alasan keamanan, api dekat sekali dengan kabel PLN," kata Humas PLN Unit Induk Wilayah NTB Rofia Fitri, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (19/8).


Sebenarnya Pandanan adalah sebuah kawasan wisata pantai yang terkenal sepi, tenang, dan bersih. Namun karena ia tepat berada di bawah sebuah bukit, mka tidak sedikit orang yang menganggapnya sebagai kawasan yang sama. 



Bagi wisatawan yang tidak suka dengan keramaian, Pantai Pandanan sangat tepat menjadi lokasi 'pelarian' untuk menikmati liburan yang bermakna.

Ada dua ruet yang dapat ditempuh untuk sampai ke Pantai Pandanan, jika bertolak dari Mataram. Keduanya memakan waktu sekitar 90 menit.



Rute yang pertama adalah Mataram - Ampenan - Montong - Senggigi - Malimbu - Nipah - Pandanan. Sedangkan rute kedua adalah Mataram - Gunung Sari - Pusuk - Perempatan Bangsal - Kecinan - Pandanan.

Meskipun durasi perjalanan terkesan cukup lama, namun dijamin tidak akan membosankan karena pemandangan di sepanjang jalan juga tak kalah memesona dengan lokasi utama.



Pantai ini cocok untuk dikunjungi oleh keluarga, karena selain tenang ombak di sini juga relatif aman.

Dari Pandanan, wisatawan dapat melihat Gii Trawangan secara langsung. Gili Trawangan adalah destinasi wisata sejuta umat yang berkunjung ke Lombok, bahkan bisa dibilang tempat ini lebih ramai ketimbang objek wisata lain yang ada di Lombok.

Meski tergolong sepi, namun pengunjung tak perlu khawatir kelaparan karena banyak warung yang menawarkan ikan bakar di sini. Menikmati keasrian alam, ditemani debur ombak dan ikan bakar adalah perpaduan yang sempurna di tempat ini, sayangnya aktivitas tersebut terancam tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat.
[Gambas:Video CNN] (agr)