Cegah Keriput Dengan Produk Perawatan 'Berbahan' Retinol

Tim, CNN Indonesia | Senin, 02/09/2019 13:09 WIB
Cegah Keriput Dengan Produk Perawatan 'Berbahan' Retinol Ilustrasi (Istockphoto/Wavebreakmedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa tahun terakhir, dunia kecantikan diramaikan dengan kehadiran berbagai macam produk perawatan kulit. Tujuannya hampir sama, membuat kulit tampak cantik dan sehat walau tanpa kosmetik.

Tak hanya jenisnya, produk perawatan kini juga dikategorikan sesuai usia. Semakin 'tua' usia kulit, maka semakin banyak produk perawatan yang digunakan. Pasalnya, kulit yang menua cenderung lebih cepat kusam dan timbul kerut.

Nah, bila masalah garis halus hingga kerut kini mulai mengusik kecantikan kulit wajah Anda, ada komponen penting dalam produk perawatan yang sebaiknya tak ditinggalkan, yaitu retinol.



Telah diulas oleh banyak ahli kecantikan, ahli kulit bahkan editor kecantikan selama bertahun-tahun, retinoid atau istilah umum untuk retinol, tidak hanya dapat menghilangkan garis halus bila digunakan setiap hari, namun komponen ini juga efektif menunda munculnya garis halus yang berujung keriput.

Karena itu, produk perawatan dengan kandungan retinol disarankan untuk mulai digunakan sejak usia 18 tahun. Pasalnya, produksi kolagen mulai berkurang menginjak usia 20-an, sehingga retinol bisa semakin memperlambat munculnya tanda penuaan.

Menurut Anil Budh-Raja, spesialis perawatan antipenuaan mengatakan, retinol merupakan turunan dari vitamin A. Retinol bekerja dengan mengikis lapisan terluar kulit dan menstimulasi produksi kolagen.

"Retinol memberikan efek melembutkan dan mengurangi garis halus dan kerut serta meningkatkan tekstur kulit, warna dan kekencangan, sehingga menghasilkan kulit yang muda, diremajakan," jelas Budh-Raja mengutip dari The Independent (17/8).


Retinol bisa digunakan pada jenis kulit apapun. Namun Budh-Raja mengingatkan, bagi orang yang memiliki eksim dan rosacea sebaiknya menghindari produk perawatan dengan kandungan retinol. Bahan ini bisa memicu peradangan hingga membuat kondisi penyakit kulit semakin parah.

Budh-Raja berkata retinol paling baik digunakan saat malam hari. Penggunaan pada pagi atau siang hari justru dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Namun, jika terpaksa digunakan saat siang hari, maka sebaiknya gunakan tabir surya setelah menggunakan produk yang mengandung retinol. (els/ayk)


BACA JUGA