Kenali Perbedaan Manfaat Olahraga Pagi dan Malam

Tim, CNN Indonesia | Senin, 26/08/2019 11:17 WIB
Kenali Perbedaan Manfaat Olahraga Pagi dan Malam Olahraga pagi diklaim lebih efektif turunkan berat badan Foto: janeb13/Pixabay
Jakarta, CNN Indonesia -- Olahraga telah dikaitkan dengan beragam manfaat sehat. Bila bicara soal sehat, olahraga bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan jadwal Anda. Namun, bila memiliki tujuan khusus seperti mengontrol berat badan, waktu olahraga dapat membedakan hasilnya.

Olahraga di pagi hari cocok bagi Anda yang memiliki tujuan menurunkan atau menjaga berat badan. Penelitian menunjukkan, aktivitas fisik di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme gula dan lemak sehingga dapat membantu mengontrol berat badan.

Hasil penelitian yang telah teruji pada tikus dan manusia ini menunjukkan, aktivitas fisik di pagi hari dapat mengaktifkan gen tertentu dalam sel otot. Alhasil, kemampuan tubuh untuk melakukan metabolisme atau memproses pembakaran gula dan lemak menjadi lebih baik.



Manfaat lain yang juga akan Anda rasakan dari olahraga pagi ialah meningkatnya kewaspadaan dan fungsi kognitif.

Sementara itu, bila tujuan olahraga adalah untuk meningkatkan performa atau membangun masa otot, sore atau malam hari dapat menjadi waktu terbaik untuk olahraga.

"Kinerja fisik manusia lebih baik di malam hari karena tubuh menggunakan lebih sedikit oksigen atau lebih sedikit energi," kata peneliti dari Weizmann Institute of Science Gad Asher dikutip dari South China Morning Post.


Asher mencontohkan ketika seseorang berlari di pagi hari, maka akan lebih cepat kelelahan ketimbang saat berlari di malam hari. Itu sebabnya, atlet profesional lebih banyak berolahraga di sore atau malam hari untuk memaksimalkan performa.

Walau begitu, Anda perlu cermat dalam mengatur waktu olahraga malam, setidaknya 2 jam sebelum tidur. Pasalnya, olahraga malam dapat memberi energi lebih bagi tubuh dan meningkatkan kewaspadaan, sehingga berpotensi mengganggu tidur.

[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)