Cara Turun Pesawat yang Patut Ditiru

CNN Indonesia | Selasa, 20/08/2019 20:02 WIB
Cara Turun Pesawat yang Patut Ditiru Ilustrasi. (Istockphoto/tanyss)
Jakarta, CNN Indonesia -- Antre turun dari pesawat adalah salah satu hal yang menyebalkan. Ada penumpang yang ingin buru-buru turun, ada penumpang yang repot dengan barang bawannya. Padahal turun dari pesawat bukan hal yang perlu disegerakan seperti naik pesawat.

Tapi penumpang dalam salah satu penerbangan maskapai Westjet punya solusi untuk meredakan kehebohan saat penumpang turun dari pesawat.

Dikutip dari CNN Travel pada Selasa (20/8), dalam video yang diunggah oleh sang pramugari, Louise Vadeboncoeur, terlihat para penumpang dengan turun pesawat dengan teratur.



Penumpang di bangku deretan 1 ABC dan DEF bisa ambil barang di kabin dan turun lebih dulu. Setelah itu penumpang di bangku 2 ABC dan DEF, dan seterusnya.

"Video ini sangat menarik, karena penumpang dengan sadar dan teratur terlihat turun per satu deret," tulis netizen di Twitter yang mengunggah video tersebut.



Pesawat Westjet yang sedang ditumpangi merupakan pesawat carter yang terbang dari Fort McMurray di Alberta ke Bandara Internasional Calgary.

Vadeboncoeur mengatakan kalau ia kagum dengan kesadaran penumpang untuk turun pesawat dengan teratur, karena biasanya penumpang turun dengan terburu-buru sehingga menimbulkan antrean panjang.

"Hal ini menjadi solusi turun pesawat yang sangat ampuh," katanya kepada CNN.

Vadeboncoeur, yang memiliki pengalaman terbang selama 12 tahun, mengatakan bahwa sebagian besar kru tidak punya aturan pasti untuk mengatur penumpang turun dari pesawat.

"Penumpang dibiarkan mencari tahu sendiri," ujarnya.


Hal ini lalu mengarah pada masalah bahwa setiap penumpang memiliki pendapat tentang cara yang "benar" untuk turun dari pesawat.

Bagi Vadeboncoeur, ini adalah cara ideal untuk turun pesawat. Namun kondisi seperti itu bergantung pada situasi "sempurna".

Penting untuk dicatat bahwa semua penumpang dalam video adalah penumpang yang sering terbang.

Tidak ada anak-anak, ibu hamil, lansia, atau penumpang berkebutuhan khusus lain di sana.

Metode rapi, baris demi baris juga mungkin tidak benar-benar mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk turun dari pesawat, tetapi jelas kabin terlihat lebih teratur dan mengurangi stres penumpang.

(ard/ard)