'Tren' Langsing China: Pakai Selang untuk Muntahkan Makanan

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 28/08/2019 11:20 WIB
'Tren' Langsing China: Pakai Selang untuk Muntahkan Makanan Kaum muda China tengah menggandrungi teknik aneh dan berbahaya untuk melangsingkan tubuh. Mereka memakai selang kecil untuk memuntahkan makanan. (Istockphoto/Urilux)
Jakarta, CNN Indonesia -- Obsesi untuk cantik dan kurus membuat orang rela melakukan apa pun untuk mencapai keinginannya. Di China, selang digunakan untuk memuntahkan makanan agar dapat melangsingkan tubuh. Teknik itu sedang populer dan laris manis di pasaran.

Selang plastik yang dimasukkan ke tenggorokan itu dapat memicu tubuh mengeluarkan makanan yang sudah ditelan.

Makanan yang dimuntahkan dan tak jadi masuk ke dalam tubuh itu dipercaya dapat mengurangi berat badan. Padahal, memuntahkan makanan sudah terbukti memiliki banyak dampak buruk pada tubuh.

Alat muntah itu berbentuk transparan dengan diameter 1-3 cm dan panjang 65-90 cm. Selang ini banyak tersedia secara daring.

Berdasarkan laporan dari Oriental Daily, fenomena ini dimulai dari perkumpulan daring sejumlah anak muda di China dalam aplikasi WeChat. Perkumpulan menyerukan untuk memuntahkan makanan. Dalam sebulan, anggota grup bisa bertambah dari 250 hingga 500 anggota.

Salah satu yang melakukannya adalah seorang siswa yang berambisi menjadi model, Wu Tian. Awalnya, Wu Tian memiliki berat badan 85 kg. Dengan memuntahkan makanan selama hampir delapan bulan, berat badannya berkurang menjadi 35 kg.

Meski berat badannya berkurang, Wu Tian justru merasakan dampak lain, yakni nafsu makan yang hilang, anoreksia, dan beban psikologis.

Kasus lain terjadi pada Lin Yi yang masih berusia 14 tahun. Akibat sering memuntahkan makanan selama hampir setahun, dia mengalami ketidakseimbangan elektrolit, rasa haus yang berlarut-larut, pusing, dan pembengkakan pada tungkai.

Memuntahkan makanan dengan sengaja sangat berbahaya bagi tubuh. Penelitian menunjukkan, memuntahkan makanan dapat menyebabkan iritasi lambung, korosi kerongkongan, dan memengaruhi kesuburan.

Profesor Yi Xing dari Nanchang University mengatakan, memuntahkan makanan dapat memengaruhi pertumbuhan terutama pada anak di bawah umur, gangguan sistem kekebalan tubuh, sekresi hormon, dan gangguan persalinan pada wanita.

Salah seorang dokter ahli pencernaan di China, Xie Zhengyuan mengungkapkan, pasien termuda kerap memuntahkan makanan yang pernah ditanganinya adalah berusia 13 tahun. Hampir 30 persen dari pasien yang memuntahkan makanan itu adalah anak di bawah umur.

[Gambas:Video CNN]


(ptj/asr)