Semerbak Aroma Buah Kopi Papua

dir, CNN Indonesia | Kamis, 22/08/2019 18:23 WIB
Semerbak Aroma Buah Kopi Papua Ilustrasi. Beberapa jenis kopi Papua dikenal akan rasanya yang kaya aroma buah. (Alexas_Fotos/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu kopi terbaik khas Indonesia adalah yang berasal dari Tanah Papua. Kopi jenis arabika ini akan menggugah selera penikmatnya karena kaya akan rasa.

Jika kopi lainnya terkenal dengan warna hitam pekat serta rasa yang pahit, tidak dengan kopi Papua.

Muhammad Aga, seorang barista yang telah mewakili Indonesia pada ajang World Barista Championship 2018, mengatakan bahwa kopi Papua memiliki karakter khas yang tidak dimiliki kopi lain.

"Untuk kopi Papua yang pernah saya coba, rasanya memang cenderung aromatik. Kopi ini kaya akan aroma buah segar seperti peach," katanya saat dihubungi oleh CNNIndonesia.com, Kamis (22/8).

Yang membedakan kopi Papua dengan lainnya, lanjut Aga, adalah lokasi penanaman. Kopi Papua umumnya ditanam di dataran tinggi.

Kopi Papua sering ditemui pada ketinggian di atas 1.600 mdpl. Biasanya, terdapat di Pegunungan Bintang dan daerah Dogiyai.

Soal rasa, menurut Aga, kopi Papua selain Wamena lebih bervariasi. Jika kopi Wamena dikenal karena rasa kacang, cokelat, dan sedikit pahit, jenis kopi Papua lainnya justru memiliki rasa yang kaya akan buah dengan tekstur yang lembut.

Aroma buah yang kaya membuat kopi Papua cocok jika diracik dalam bentuk latte. "Bisa saja [dibuat latte]. Apalagi jika dicampur dengan jus mangga, misalnya," kata Aga.

Kebanyakan kopi Papua, kata Aga, masih diproduksi secara tradisional. "Bahkan masih ada yang menggunakan koteka," tambahnya. Namun, seiring waktu berjalan, petani kopi telah mendapatkan fasilitas pengolahan kopi anyar.

[Gambas:Video CNN]


(asr)