FOTO: Meriahnya Tradisi Pernikahan Yahudi Ortodoks

AP, CNN Indonesia | Jumat, 23/08/2019 13:11 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Upacara pernikahan menjadi salah satu sorotan penting bagi kaum Yahudi Ortodoks. Pesta pernikahan berubah menjadi tontonan publik.

Ribuan orang berkumpul di Bnei Brak, kota yang terletak di sebelah timur Tel Aviv, Israel, Selasa (20/8). Mereka beramai-ramai menyaksikan pernikahan 'agung' putra seorang Rabbi dari dinasti Nadvorna Hasidic. (AP Photo/Oded Balilty)
Putra seorang Rabbi dari dinasti Nadvorna Hasidic akan melangsungkan pernikahannya dengan seorang wanita bernama Hannah Halbershtam. Sederet ritual upacara mewarnai pernikahan ala kaum Yahudi Ortodoks, termasuk di antaranya menari semalam suntuk. (AP Photo/Oded Balilty)
Upacara pernikahan kaum Yahudi Ortodoks akan melalui berbagai tahap. Mengutip Times of Israel, salah satunya adalah tahap pemberkatan yang dilakukan di bawah kanopi berbahan kain yang dikenal dengan nama 'huppah'. (AP Photo/Oded Balilty)
Prosesi pemberkatan di bawah huppah juga umumnya akan menarik perhatian banyak orang untuk turut menyaksikan upacara. (AP Photo/Oded Balilty)
Perayaan kemudian berlanjut ke sebuah aula besar. Wanita dan pria ditempatkan dalam area berbeda dengan tirai yang membentang sebagai pembatas. (AP Photo/Oded Balilty)
Yang paling menjadi perhatian publik adalah prosesi Mitzvah Tantz. Nama terakhir merupakan momen di mana anggota keluarga dan Rabbi turun untuk menari di depan pengantin wanita. (AP Photo/Oded Balilty)
Upacara pernikahan memang menjadi sorotan terbesar bagi kaum Yahudi Ortodoks. Apalagi jika yang menikah adalah anggota keluarga dari seseorang yang dianggap terhormat dalam komunitas. Upacara pernikahan akan berubah jadi tontonan publik. (AP Photo/Oded Balilty)
Yahudi Ortodoks mengisi sekitar 8,5 persen populasi penduduk Israel. Mereka umumnya mematuhi segala pedoman yang berlaku, termasuk di antaranya upacara pernikahan hingga tata cara berpakaian. (AP Photo/Oded Balilty)