Ide Diet Selai Kacang untuk Turunkan Berat Badan

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/08/2019 12:09 WIB
Ide Diet Selai Kacang untuk Turunkan Berat Badan Ilustrasi. Diet selai kacang dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. (stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beragam jenis diet bertaburan di mana-mana. Salah satunya adalah diet selai kacang yang dipercaya dapat membantu penurunan berat badan.

Sejumlah penelitian menemukan, konsumsi selai kacang ampuh bagi Anda yang tengah menjalani program penurunan berat badan. Lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam kacang dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan serta menekan risiko penyakit jantung.

Peneliti menemukan bahwa konsumsi kacang yang dibarengi dengan beragam serat yang dibutuhkan tubuh dapat mengontrol perubahan kadar gula darah setelah makan. Mengutip Healthline, hal itu akan membuat seseorang merasa lebih kenyang.

Selai kacang dipercaya membuat seseorang merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Efek mengenyangkan ini didapat dari kandungan lemak dan protein yang ada dalam kacang.

Selain itu, selai kacang juga dipercaya mengontrol kadar gula darah dalam tubuh yang kerap dikaitkan dengan obesitas. Kacang diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah.

Mengutip Very Well Fit, untuk mendapatkan manfaat penuh dari diet selai kacang, seseorang perlu membatasi dua hingga tiga sendok makan selai beberapa kali dalam sepekan. Konsumsi lebih dari itu berisiko menghilangkan manfaat selai kacang karena jumlah kalori yang sangat tinggi.

Beberapa mengonsumsi selai sesaat sebelum makan untuk meredakan rasa lapar mereka. Sementara yang lain menambahkan selai kacang ke dalam menu harian rendah kalori untuk meningkatkan serat dan kandungan protein yang diperlukan tubuh.

Namun, seseorang dengan tekanan darah tinggi disarankan untuk mencari selai kacang rendah garam atau produk alami yang dibuat tanpa bahan tambahan.

Berikut beberapa ide diet yang bisa Anda coba:

- Menambahkan dua sendok selai kacang ke dalam segelas smoothie di pagi hari.
- Memasukkan kacang dalam sajian salad.
- Mengoleskan selai kacang dan madu pada segepok roti gandum.
- Mencampurkan selai kacang ke dalam sajian oatmeal Anda.

Sedikit saran, untuk menghilangkan lemak dan gula tambahan, Anda bisa meracik selai kacang secara mandiri. Cara ini bisa menjadi alternatif agar diet selai kacang berjalan maksimal.

[Gambas:Video CNN]


(asr/asr)