Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 07:00 WIB
Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan Ilustrasi minyak kelapa. (Pixabay/Kaigraphick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manfaat virgin coconut oil untuk kesehatan maupun kecantikan sudah tak diragukan lagi. Bahan alami yang berasal dari daging kelapa ini sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu sebagai obat karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Bahkan, hingga kini virgin coconut oil masih digunakan untuk menuntaskan masalah kesehatan maupun perawatan tubuh.

Virgin coconut oil (VCO) terbuat dari daging kelapa segar yang diekstraksi. Hasil atau ekstrak itulah menghasilkan minyak alami yang disebut minyak kelapa murni atau virgin coconut oil. Disebut 'virgin' atau 'extra virgin' karena dalam proses pembuatannya masih alami dan mengandung asam lemak baik (fatty acid) yang bermanfaat bagi tubuh.



Meski tidak mengandung banyak mikronutrien, tapi jika ditelusuri virgin coconut oil memiliki mineral zat besi, vitamin K yang mencegah penggumpalan darah, dan vitamin E sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Bahkan beberapa penelitian menunjukkan virgin coconut oil sebagai salah satu makanan yang paling sehat di dunia. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, virgin coconut oil juga dianggap sebagai salah satu bahan yang bisa dipakai untuk perawatan kecantikan. 

Kandungan asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat yang terdapat dalam virgin coconut oil memiliki sifat antimikroba, antioksidan, antijamur, dan antibakteri. Asam laurat merupakan kandungan yang juga ditemukan dalam ASI manusia. Fungsinya meningkatkan kekebalan tubuh dan menghancurkan bakteri dan virus berbahaya.

Minyak kelapa murni memiliki sifat pelembap dan antioksidan yang sangat baik. Ini dapat digunakan untuk mengelola masalah kulit, infeksi mikroba, dan meningkatkan kekebalan tubuh, menetralkan racun, dan meminimalkan pembentukan radikal bebas.

Berikut manfaat virgin coconut oil atau minyak kelapa murni untuk kesehatan dan kecantikan yang dirangkum dari beberapa sumber.


1. Meningkatkan kesehatan kulit
Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan KecantikanManfaat virgin coconut oil untuk wajah antara lain dapat melindungi dari UV, memudarkan bekas luka, sekaligus mengatasi berbagai penyakit kulit kronis (Foto: Istockphoto/EdwardDerule)

Virgin coconut oil memiliki dampak yang luar biasa pada kulit. Minyak ini sangat baik sebagai pembersih wajah, pelembap, dan tabir surya. Minyak kelapa merupakan solusi perawatan kulit yang sempurna karena bersifat antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan mampu menyembuhkan luka.

Tak heran, minyak ini digunakan untuk mengobati gangguan kulit kronis seperti eksim, dermatitis atopik, psioriasis, radiasi UV, dermatitis, xerosis atau kulit kering, serta mempercepat penyembuhan luka dan meredakan luka bakar. Pada kulit yang sehat sekalipun, mengoleskan virgin coconut oil dapat melindungi kulit dari sinar UV dan menghilangkan bekas luka.

Hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak kaprilat dan laurat dalam virgin coconut oil mampu mengurangi peradangan secara internal dan eksternal. 

Melansir Stylecraze.com, berbagai kandungan asam lemak meliputi asam laurat, asam miristat, asam palmitat, asam kaprilat, asam kaprat, asam oleat, asam linoleat, dan asam stearat mampu menembus beberapa lapisan kulit.

2. Mencegah Penyakit Jantung dan Tekanan Darah Tinggi

Virgin coconut oil kaya akan asam laurat yang bermanfaat membantu menjaga kesehatan jantung dengan tidak hanya dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, tetapi juga membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL). 

Dalam sebuah uji coba yang diterbitkan dalam Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa konsumsi harian 2 sendok makan virgin coconut oil mampu meningkatkan kolesterol HDL. 

Studi lain juga pernah dilakukan kepada pasien penyakit jantung koroner yang melakukan diet virgin coconut oil mengalami peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) dan penurunan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan meningkatkan kolesterol HDL dalam tubuh, kesehatan jantung kita dapat meningkat dan risiko terkena penyakit jantung akan menurun. 

Oleh karenanya, mengganti minyak biasa dengan minyak ini pada masakan dapat membantu menjaga kadar trigliserida yang sehat, asalkan diiringi dengan diet sehat dan rutin berolahraga.


3. VCO bermanfaat menyehatkan dan menguatkan rambut
Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan KecantikanVirgin coconut oil menambah kadar protein rambut sehingga mencegahnya dari kerusakan dan kerapuhan serta menambah kilaunya (Foto: Istockphoto/ Gpointstudio)

Virgin coconut oil telah banyak digunakan oleh wanita di daerah pesisir pantai tropis sebagai rangkaian perawatan rambutnya sehari-hari. Manfaat virgin coconut oil adalah membantu pertumbuhan rambut dan memberi kilau pada rambut.

Selain itu, virgin coconut oil juga mampu melembutkan rambut dan membersihkan rambut kita dari ketombe. Mengaplikasikan virgin coconut oil pada rambut rusak maupun sehat dapat menambah kadar protein dan melindungi batang rambut. Manfaat ini juga bisa diterapkan pada kuku untuk mencegahnya dari kerapuhan.

Virgin coconut oil juga sangat baik dalam membantu proses pertumbuhan kembali rambut yang rusak. Minyak ini memberikan perlindungan yang lebih baik untuk rambut dari kerusakan dengan mengurangi pembentukan rambut bercabang karena proteinnya yang tinggi mengisi celah di antara sel-sel rambut dan melindunginya dari kerusakan kimia yang keras.

Untuk menjadikan virgin coconut oil sebagai perawatan, cukup oleskan ke rambut dengan menjadikannya sebagai masker.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Virgin coconut oil mengandung asam laurat (monolaurin) yang telah terbukti untuk melawan bakteri dan menciptakan lingkungan yang tidak bersahabat untuk virus, mengingat saat ini banyak penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari bakteri jahat, jamur, virus dan parasit dalam tubuh. 

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, konsumsi satu sendok makan virgin coconut oil sebanyak tiga kali sehari saat sakit. 

5.  Melindungi dari Karies Gigi
Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan KecantikanTak hanya untuk kulit, ternyata virgin coconut oil  bisa mencegah karies gigi karena dapat mematikan bakteri mulut penyebab plak (Foto: Pixabay/Greyerbaby)

Berkumur atau mengoleskan minyak kelapa pada gigi dapat membantu menghilangkan plak gigi dan radang gusi. Manfaat virgin coconut oil yang bersifat antimikroba dapat mematikan sebagian besar bakteri yang menyebabkan karies.

Sifat-sifat komponen aktif antiinflamasi dan antimikroba membuat virgin coconut oil menjadi bahan perawatan gigi yang murah dan aman.


6.  Mengatasi Obesitas

Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan terbesar di dunia. Trigliserida dalam virgin coconut oil dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. Kandungan asam lemak dalam virgin coconut oil juga dapat membantu mengurangi rasa lapar.

Dalam sebuah studi pada 14 pria sehat menemukan bahwa mereka yang makan paling banyak kandungan trigliserida saat sarapan cenderung makan lebih sedikit kalori saat makan.

7. Menurunkan Berat Badan
Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan KecantikanJika Anda berjuang untuk menurunkan berat badan, coba ganti minyak biasa atau mentega dengan virgin coconut oil pada masakan karena membantu membakar lemak dan menekan nafsu makan berlebih (Foto: Istockphoto/Urilux)

Virgin coconut oil dipercaya mampu membantu membakar lemak, terutama di daerah perut, dan mengurangi nafsu makan. Tidak seperti lemak lainnya, asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa ini tidak menyebar dalam aliran darah sehingga dapat mencegah hiperkolesterolemia (kadar kolesterol darah tinggi).

Mereka berubah menjadi energi yang membuat tubuh tidak menyimpan lemak. Namun virgin coconut oil memiliki kalori yang tinggi sehingga harus dikombinasikan dengan diet sehat dan olahraga untuk bisa menurunkan berat badan.

8. Mengatasi Diabetes
Mengonsumsi ekstra virgin oil dapat mengontrol kadar gula darah karena meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh. Ini adalah salah satu manfaat virgin coconut oil yang belum banyak diketahui. Ketika sel-sel resisten insulin, pankreas terus memompa lebih banyak insulin dan menciptakan kelebihan dalam tubuh. Ini bisa berbahaya karena resistensi insulin merupakan penyebab diabetes tipe 2.


9.  Meningkatkan Fungsi Otak

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Neurobiology of Aging pada 2004 menemukan bahwa kandungan asam lemak dalam virgin coconut oil dapat meningkatkan memori pada lansia. Peningkatan kemampuan mengingat juga dialami oleh semua pasien yang mengonsumsi asam lemak pada virgin coconut oil. 

10. Menyembuhkan Infeksi Jamur
Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan KecantikanAsam kaprat dan asam laurat dalam virgin coconut oil dapat menyembuhkan infeksi jamur dan menghancurkan bakteri berbahaya lainnya (Foto: Istockphoto/ipopba)

Wanita lebih rentan terhadap infeksi jamur atau kandidiasis. Pria juga dapat mengalami infeksi jamur yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, yang juga disebabkan diabetes dan obesitas.

Merujuk pada pengobatan tradisional Tiongkok, kandungan asam kaprat dan asam laurat dalam virgin coconut oil dimanfaatkan untuk mengatasi infeksi jamur dan kandungan asam kaprilatnya dapat menghancurkan bakteri berbahaya.

11. Mengurangi Risiko Kanker
Dibandingkan dengan minyak biasa atau mentega, virgin coconut oil dapat menjadi perlindungan yang baik terhadap kanker payudara dan usus besar. Hal tersebut berdasarkan studi yang menunjukkan bahwa virgin coconut oil mampu menghambat pertumbuhan tumor usus besar dan payudara.

Seringkali pasien kemoterapi merasa lemah karena rendahnya nafsu makan rendah. Menambahkan minyak ini ke dalam makanan dapat meningkatkan gizi, energi, dan metabolisme.

12. Menyeimbangkan Hormon 
Asam lemak dalam virgin coconut oil dapat mempercepat metabolisme yang meningkatkan energi dan merangsang fungsi tiroid. Selain itu kandungan asam laurat membantu menyeimbangkan hormon secara alami dan meningkatkan kadar estrogen, terutama selama menopause.

13. Meningkatkan Tenaga
Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan KecantikanMenambahkan minyak kelapa dalam minuman atau makanan dapat meningkatkan stamina dan energi yang diproduksi oleh tubuh (Foto: morgueFile/fitwalk)

Virgin coconut oil mudah dicerna oleh lambung dan dapat meningkatkan energi. Tak hanya itu, virgin coconut oil kerap dikonsumsi oleh atlet sebelum dan selama berlatih sebagai sumber energi. Mereka biasanya mencampurkannya pada smoothie, kopi, atau dioleskan ke roti sebagai pengganti mentega.

14. Melancarkan Pencernaan
Manfaat virgin coconut oil atau minyak kelapa yakni membantu pencernaan dalam menyerap komponen makanan penting yang larut dalam lemak seperti vitamin dan magnesium sekaligus dapat menghilangkan bakteri beracun yang memperburuk pencernaan dan penyebab radang lambung.

Dengan mengonsumsi virgin coconut oil akan membantu terhindar dari tukak lambung. Terlebih jika mengonsumsinya secara teratur bersamaan dengan asam lemak omega-3 akan membuat penyerapan bekerja lebih efektif.  

Itulah 14 manfaat virgin coconut oil untuk kesehatan dan kecantikan. Meski memiliki beragam kegunaan, namun jangan sampai berlebihan dalam menggunakan atau mengonsumsinya. Batasan konsumsi maksimal adalah kurang dari 2 sendok makan per hari.

Selain itu, selalu berhati-hati dalam memilih produk virgin coconut oil yang dijual di pasaran. Pilihlah yang alami dan organik tanpa melewati proses atau campuran bahan kimia apa pun agar tubuh mendapat khasiat virgin coconut oil yang maksimal.

[Gambas:Video CNN] (che)