FOTO: Pukpinyo, 'Pahlawan' Bangkok Penakluk 10 Ribu Ular

Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 24/08/2019 08:15 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Selama 16 tahun bekerja, Pukpinyo telah menangkap 10 ribu ular. Beberapa di antaranya merupakan ular berbisa.

Ular bukan hal yang aneh lagi bagi warga Bangkok, Thailand. Apalagi bagi Pinyo Pukpinyo (50), seorang pawang ular sekaligus anggota pemadam kebakaran setempat. (REUTERS/Soe Zeya Tun)
Menjelang malam, Pukpinyo pelan-pelan mendekati seekor ular piton yang 'mengganggu' sebuah rumah. Hap! Dengan cepat tangan kosongnya meraih kepala ular sepanjang lima meter itu, untuk kemudian digulung dan dimasukkan ke dalam karung. (REUTERS/Soe Zeya Tun)
Aksi Pukpinyo membikin anggota keluarga yang dibantunya berdecak kagum. Diam-diam mereka merekam aksi Pukpinyo dengan ponsel pintarnya. (REUTERS/Soe Zeya Tun)
Banyak rumah di Bangkok kedatangan 'tamu' seekor ular. Musim hujan adalah waktu yang tepat bagi ular untuk keluar dan mencari makan. Pada 2018 lalu, badan bencana Thailand menerima sebanyak 37 ribu laporan tentang ular yang memasuki rumah warga. (REUTERS/Soe Zeya Tun)
Pukpinyo telah menangkap sekitar 10 ribu ekor ular selama 16 tahun menjalankan tugas berbahaya ini. (REUTERS/Soe Zeya Tun)
Dalam setahun, Pukpinyo menangkap 800 ekor ular. Sebanyak 70 persen di antaranya merupakan ular piton tak berbisa. Sedangkan sisanya merupakan ular kobra dan jenis ular berbisa lainnya. (REUTERS/Soe Zeya Tun)
Di waktu luangnya, Pukpinyo merawat beberapa ular yang ditangkapnya. Mengeluarkan kobra dari kandang dan memberinya makan adalah hal biasa baginya. Dia juga memberikan kelas tentang tata cara menangani ular dengan aman. (REUTERS/Soe Zeya Tun)