Sederet Makanan Sehat Pembakar Lemak

Tim, CNN Indonesia | Senin, 26/08/2019 14:55 WIB
Sederet Makanan Sehat Pembakar Lemak Kacang panggang bisa menjadi salah satu camilan andalan untuk membakar lemak tubuh. Foto: Platus/Pixabay
Jakarta, CNN Indonesia -- Istilah 'diet mulai besok' bisa menjadi permasalahan klasik yang kerap dihadapi banyak orang. Alhasil, bagi yang lebih suka makan ketimbang olahraga, usaha diet yang terus tertunda ini bisa berujung pada peningkatan jumlah lemak, baik di perut, lengan, atau paha.

Namun, ini tak berarti keinginan untuk mengurangi lemak bandel di perut pupus begitu saja. Sebenarnya, lemak berlebih bisa dikurangi tak hanya dengan olahraga, tetapi juga dengan makanan. Mengutip berbagai sumber, ada sederet pilihan makanan sehat yang dapat membantu Anda membakar lemak lebih banyak. Apa saja?

1. Telur
Sarapan telur bisa mengurangi rasa lapar dan memberikan sensasi kenyang untuk beberapa jam ke depan, terutama pada mereka yang mengalami masalah kelebihan berat badan hingga obesitas.


Melansir Healthline, studi pada 21 pria menunjukkan mereka yang makan tiga butir telur untuk sarapan, mengonsumsi sekitar 400 kalori lebih sedikit dalam sehari. Mereka juga menurunkan lemak sebesar 16 persen ketimbang pria yang makan roti bagel untuk sarapan.


2. Kacang-kacangan
Tak ada yang salah dengan 'ngemil', melainkan pada jenis camilan yang Anda pilih serta jumlahnya. Camilan yang tepat justru akan membantu Anda mengurangi banyak lemak ketimbang menimbun lemak.

Jadi, siapkan camilan berupa kacang-kacangan jika Anda ingin lemak dalam tubuh lebih banyak terbakar. Kacang mengandung protein dan lemak baik sehingga menjauhkan dari rasa lapar dalam beberapa jam. Agar manfaatnya cukup terasa, pilihlah kacang yang dipanggang, bukan kacang yang digoreng, lalu konsumsi sebanyak satu genggaman tangan di siang atau malam hari. 

3. Kopi
Kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan suasana hati, mental, performa fisik, termasuk membantu tubuh membakar lemak. Sebuah riset menemukan, mereka yang minum kafein satu jam sebelum olahraga mampu membakar lemak nyaris dua kali lipat dan bisa berolahraga 17 persen lebih lama ketimbang orang yang tidak minum kafein.

Untuk memperoleh manfaat baik dari kafein, sebaiknya konsumsi 100-400 miligram kafein per hari. Jumlah ini setara dengan 1-4 cangkir kopi sehari. Jika berlebihan, risiko kecemasan atau insomnia justru menghantui.

4. Yogurt
Saat memilih yogurt selama diet, jangan buru-buru pilih yogurt rendah lemak atau low fat. Greek yogurt full-fat justru lebih disarankan karena dapat membantu membakar lemak. Yogurt jenis ini kaya akan protein, potasium dan kalsium.

Riset membuktikan, produk susu dengan tinggi protein bisa mendorong pembakaran lemak, melindungi otot selama penurunan berat badan dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Sementara itu, kandungan probiotik membantu menjaga kesehatan usus dan menurunkan risiko konstipasi dan kembung.

5. Minyak kelapa
Minyak kelapa memiliki banyak manfaat termasuk sebagai makanan yang mampu membakar lemak. Mengutip dari Medical News Today, sebuah meta-analisis pada tahun 2015 menemukan bahwa trigliserida pada minyak kelapa bisa membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, banyak ahli meyakini trigliserida rantai sedang bisa meningkatkan konsumsi energi dan mengurangi lemak.


6. Teh oolong
Selain teh hijau, Anda bisa mengandalkan teh oolong untuk membakar lemak tubuh. Tinjauan dari beberapa studi menemukan, kombinasi katekin dan kafein pada teh oolong dapat meningkatkan pembakaran kalori sebanyak 102 kalori per hari.

Di samping itu, sebuah studi kecil pada laki-laki dan perempuan menyebut, minum teh oolong meningkatkan kadar metabolisme yang mengarah pada penurunan berat badan. Bahkan teh oolong mampu meningkatkan pembakaran kalori dua kali lipat ketimbang teh hijau.

[Gambas:Video CNN]

(els/ayk)